Pemberdayaan masyarakat miskin melalui program IZI to Success: Studi deskriptif di LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat

Nadya, Kanida (2021) Pemberdayaan masyarakat miskin melalui program IZI to Success: Studi deskriptif di LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang sering dijumpai diberbagai daerah, baik didaerah pedesaan maupun perkotaan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan setiap individu atau sekelompok masyarakat dalam mencapai keberdayaan dalam hidupnya. Sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan kelompok masyarakat ini diperlukan program berbasis pemberdayaan yang berorientasi pada kemandirian, partisipasi, dan adil. LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia adalah salah satu lembaga amil zakat di Indonesia yang berfokus pda pendayagunaan dana zakat serta penyaluran dana zakat bagi para mustahiq yaitu penerima zakat dari muzzaki Iyaitu pemberi zakat. Pendayagunaannya melalui beberapa program, salah satunya program IZI to Success. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin memaparkan mengenai: 1) Upaya pemberdayaan masyarakat miskin melalui program IZI to Success, 2) Proses pemberdayaan masyarakat miskin melalui program IZI to Success, 3) Hasil pemberdayaan masyarakat miskin melalui program IZI to Success. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks jurusan pengembangan masyarakat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya pemberdayaan masyarakat yaitu dengan dilaksanakannya pelatihan keterampilan dan pendampingan wirausaha, 2) Proses pemberdayaan masyarakat dimulai dari assessment, survey, pelaksanaan, pembinaan, evaluuasi dan laporan, 3) Hasil program pemberdayaan masyarakat yaitu menjadi lebih berdaya kemampuannya dan bertambah penghasilannya sehingga tercipta peningkatan dalam sumber daya manusia dan sumber daya ekonomi. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat miskin melalui program IZI to Success berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; masyarakat; miskin; IZI to success
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Groups
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Kanida Nadya
Date Deposited: 04 Oct 2021 10:02
Last Modified: 04 Oct 2021 10:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44486

Actions (login required)

View Item View Item