Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pjbl-Stem pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian dan pengembangan pada peserta didik kelas VII B di MTs Persis 60 Katapang

Hasanah, Hanna Amila (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pjbl-Stem pada materi pencemaran lingkungan : Penelitian dan pengembangan pada peserta didik kelas VII B di MTs Persis 60 Katapang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Pendidikan di abad 21 menunut siswa untuk dapat bersikap ilmiah yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pembelajaran yang terintegrasi dengan perkembangan zaman perlu diimplementasikan salah satunya dalam pembelajaran PJBL-STEM yang disajikan dalam bahan ajar, misalnya LKPD. Namun, masih kurang tersedianya LKPD berbasis PJBL-STEM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, menganalisis kelayakan serta mendeskripsikan respon siswa terhadap LKPD berbasis PJBL-STEM pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan ialah research and development dengan model 3D, yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Persis 60 Katapang. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang validator serta 30 orang peserta didik kelas VII B. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara tidak terstruktur, lembar validasi ahli, angket uji keterbacaan, serta angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan: 1) LKPD berbasis PJBL-STEM memperoleh nilai rata-rata validasi ahli sebesar 76,82% dengan kriteria layak, 2) LKPD berbasis PJBL-STEM memperoleh nilai rata-rata uji keterbacaan sebesar 4,4 dengan kriteria sangat layak, dan 3) LKPD berbasis PJBL-STEM memperoleh nilai rata-rata persentase respon siswa sebesar 89,197% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini ialah LKPD berbasis PJBL-STEM pada materi pencemaran lingkungan dengan sedikit perbaikan dari validasi ahli bersifat layak serta baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Pencemaran Lingkungan; PJBL-STEM
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hanna Amila Hasanah
Date Deposited: 04 Oct 2021 09:27
Last Modified: 04 Oct 2021 09:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44422

Actions (login required)

View Item View Item