Implementasi model Social Learning Theory untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa dan kemampuan berperilaku baik pada materi Akhlak: Penelitian quasi eksperimen kelas IX SMPN 1 Tukdana Indramayu

Farijah, Farijah (2021) Implementasi model Social Learning Theory untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa dan kemampuan berperilaku baik pada materi Akhlak: Penelitian quasi eksperimen kelas IX SMPN 1 Tukdana Indramayu. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftarisi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari suatu fenomena perilaku baik siswa terhadap orang tua dan guru masih rendah, hal ini terlihat dari masih adanya perilaku melawan terhadap perintah orang tua dan guru. Salah satu faktornya adalah proses belajar mengajar dikelas kurang berpengaruh terhadap perilaku siswa. Oleh karena itu dipandang perlu guru merancang pempelajaran yang menarik agar siswa antusias dalam belajar dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengidentifikasi penerapan Model Social Learning Theory Pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak, 2) mengidentifikasi perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa dengan menggunakan model Social Learning Theory dan metode ceramah pada mata pelajaran PAI materi Akhlak, 3) mengidentifikasi perbedaan perilaku baik siswa dengan menggunakan model Social Learning Theory dan metode ceramah pada mata pelajaran PAI materi Akhlak dan 4) mengidentifikasi efektivitas penerapan model Social Learning Theory pada mata pelajaran PAI materi Akhlak di SMPN 1 Tukdana Kabupaten Indramayu. Model social learning theory yang dikembangkan Albert Bandura menggunakan empat langkah yaitu perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi. Model tersebut dipandang dapat meningkatkan hasil belajar psikomotrik dan perilaku baik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sumber data diambil dari kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan para siswa di SMPN 1 Tukdana Kabupaten Indramayu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model belajar sosial pada mata pelajaran PAI melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan, 2) terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik dengan menggunakan model sosial learning theory dan metode ceramah pada materi akhlak, kelas eksperimen hasil pretes 36,52 dan hasil posttes 68,77 sedangkan pada kelas kontrol nilai prestes 27,48 dan nilai posttes 45,65, 3) terdapat perbedaan perilaku baik siswa dengan menggunakan sosial learning theory dengan metode caramah, hasil angket awal pada kelas eksperimen sebesar 56,19 dan angket akhir sebesar 64,35, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata skor angket awal sebesar 40,90 sedangkan pada angket akhir memiliki nilai 51,32, dan 4) efektivitas penerapan model sosial learning theory pada mata pelajaran PAI materi akhlak rata-rata peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 0,84 termasuk kategori tinggi, sedangkan yang menggunakan metode ceramah diperoleh sebesar 0,67 termasuk kategori sedang. Adapun rata-rata peningkatan kemampuan berperilaku baik sebesar 0,71 termasuk kategori tinggi dan yang menggunakan metode ceramah 0,62 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sosial Learning Teori; Psikomotorik; Perilaku Baik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farijah Farijah
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:03
Last Modified: 21 Jan 2022 00:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44418

Actions (login required)

View Item View Item