Strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas pengelolaan dan pendistribusian zakat: Studi deskriptif di BAZNAS Kota Bandung

Hilmansyah, Moch. Nizar Nur (2021) Strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas pengelolaan dan pendistribusian zakat: Studi deskriptif di BAZNAS Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Kemanfaatan zakat menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kesejahteraan serta menjawab permasalahan kemiskinan pada realitas sosial ekonomi masyarakat. Proses pengelolaan dan pendistribusian zakat yang tepat, professional serta produktif dengan diimbangi strategi manajemen sumber daya manusia yang baik dan bersinergi akan menjadikan jalan terbaik untuk menciptakan kualitas sosial ekonomi umat yang maju, sejahtera, religius dan produktif. Penelitian ini memiliki target tujuan untuk mengetahui serta memahami proses seleksi dan rekrutmen SDM amilin BAZNAS Kota Bandung, strategi pelatihan dan pembinaan SDM amilinnya, serta strategi pengembangan SDM BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan produktivitas pengelolaan dan pendistribusian zakat dengan mensinergikan elemen SDM zakat pada ruang lingkup manajemen zakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Dengan implikasi dapat menjelaskan dan menggambarkan strategi MSDM yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung pada ranah seleksi rekrutmen, pelatihan pembinaan dan pengembangan SDM berdasarkan realitas dan data fakta dilapangan, untuk proses produktivitas pengelolaan pendistribusian zakat. Sumber data diperoleh dari proses observasi penelitian, wawancara dan studi dokumentasi pada amilin karyawan internal BAZNAS Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pertama, proses seleksi dan rekrutmen SDM amilin BAZNAS Kota Bandung dilakukan secara kondisional sesuai kesepakatan dan arahan pimpinan dengan kualifikasi rekrutmen amilin yang transparan, religius dan tanpa nepotisme. Kedua, strategi pelatihan dan pembinaan SDM amilin BAZNAS Kota Bandung disusun apik perencanaanya dari mulai bidang SDM, keuangan, pengumpulan dan pendistribusian diiringi dengan professionalitas manajemennya, dengan memperbaiki sistem manajemen mutu lebih maju dibanding yang lain melalui penerapan ISO 9001;2015, serta pembinaan berkala mingguan Inspirasi Pagi untuk mengevaluasi kinerja setiap minggunya. Ketiga, strategi pengembangan SDM BAZNAS Kota Bandung sangatlah variatif dan inovatif dalam menunjang aspek produktivitas pengelolaan dan pendistribusian zakat dengan beroritentasi pada produktivitas pemberdayaan SDM pada bidang ekonomi, kesehatan,pendidikan,keagamaan dan kemanusiaan. Dengan berdasar hasil penelitian, maka dapat disimpulkan strategi MSDM yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung dalam proses produktivitas pengelolaan dan pendistribusian zakat dinamis meningkat dalam menata dan mensinergikan SDM yang ada, sehingga menjadikan lembaga zakat yang lebih unggul, professional, religius dan amanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Manajemen Sumber Daya Manusia; Zakat.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Moch. Nizar Nur Hilmansyah
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:27
Last Modified: 04 Oct 2021 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44385

Actions (login required)

View Item View Item