Solidaritas sosial di tengah arus modernisasi: Studi pada masyarakat Kampung Pangradin 02 Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor

Frediansyah, Aqmal (2021) Solidaritas sosial di tengah arus modernisasi: Studi pada masyarakat Kampung Pangradin 02 Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan masyarakat yang terus mengalami perubahan atau disebut juga modernisasi didalam bidang kehidupan sehari-hari. Kampung Pangradin 02 menjadi salah satu Kampung yang menerima corak perubahan mulai dari infrastruktur, teknologi, pendidikan dan lain sebagainya. Hal tersebut dipastikan akan berdampak pada masyarakat yang ada disekitarnya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan agar bisa mengetahui bahwa masyarakat Kampung Pangradin 02 yang memiliki solidaritas sosial yang tinggi ditengah arus modernisasi pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk solidaritas sosial yang terjadi pada masyarakat Kampung Pangradin 02, proses modernisasi yang terjadi pada masyarakat dan juga faktor pendorong terbentuknya solidaritas sosial pada masyarakat Kampung Pangradin 02 ditengah arus modernisasi Penelitian ini menggunakan teori solidaritas sosial yang dikemukakan oleh Emile Durkheim yakni solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Pada solidaritas mekanik sendiri seluruh anggota kelompok pada masyarakat diikat dengan adanya kesadaran kolektif yang kuat, sehingga cenderung mementingkan kepentingan perasaan kelompok dibandingan individu. Sedangkan, pada solidaritas organik yakni bentuk solidaritas yang cenderung mengikat masyarakat secara kompleks seperti halnya sudah mengenal pembagian kerja dan masing-masing memiliki ketergantungan antar individu dengan individu yang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai jalan dalam analisa data yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara pada masyarakat Kampung Pangradin 02. Kemudian teknik analisis data menggunakan model Miles dan Haberman diantaranya yakni pertama mereduksi data, melakukan penyajian data dan yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini memperlihatkan bahwa solidaritas sosial pada masyarakat Kampung Pangradin 02 ialah lebih mengarah berbentuk solidaritas sosial mekanik, Solidaritas mekanik ini menekankan pada kesadaran bersama tiap anggota kelompok yang ada pada masyarakat, kemudian keadaan masyarakat yang homogen. Proses modernisasinya mulai dari pembangunan jalan, pasokan listrik, penerangan, sampai pada kemudahan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti internet, dan terakhir kesadaran akan pentingnya pendidikan yang kian tinggi. Lalu, faktor pendorong adanya solidaritas sosial ditengah arus modernisasi ini mulai dari faktor perasaan dan tujuan yang sama, kemudian juga adanya faktor kegiatan atau wadah hubungan sosial pada masyarakat mulai dari adanya kegiatan pengajian, olahraga seperti sepak bola, kerja bakti, karaoke sampai dibuatnya kemudahan interaksi melalui media sosial seperti grup Whatsapp.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas sosial; Masyarakat; Modernisasi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Social Change
Social Process > Acculturation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aqmal Frediansyah
Date Deposited: 18 Oct 2021 00:11
Last Modified: 18 Oct 2021 00:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44379

Actions (login required)

View Item View Item