Pemberdayaan kelompok tani mawar harapan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi : Studi deskriptif Kampung Cikoneng II Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Haryanti, Devi (2021) Pemberdayaan kelompok tani mawar harapan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi : Studi deskriptif Kampung Cikoneng II Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Cibiru Wetan mempunyai potensi pertanian yang cukup besar, hampir sebagian masyarakat bekerja sebagai petani. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan hanya saja hasil pertanian yang didapat belum dioptimalkan dengan baik dan dalam strategi pemasaran masih kurang efektif dikarenakan kurangnya wawasan yang didapat dari para petani. Tujuan penelitian ini untuk membahas Pemberdayaan Kelompok Tani Mawar Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi di Kampung Cikoneng II Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Secara khusus pembahasannya diarahkan untuk menjawab masalah yang berkenaan dengan : bagaimana pengelolaan hasil pertanian, bagaimana upaya peningkatan posisi tawar (bargaining position) terhadap tengkulak/pemborong untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, bagaimana solidaritas social untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan Moch.Ikbal Bahua yang menyatakan bahwa dalam meningkatkan kemampuan petani perlu adanya kegiatan melalui penyuluhan, pendampingan, pendidikan dan pelatihan agar pemberdayaan dilakukan sebagai proses untuk memandirikan masyarakat, meningkatkan taraf hidupnya melalui sumberdaya dimiliki dengan sebaik mungkin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran yaitu, penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengelolaan hasil pertanian melibatkan semua anggota kelompok tani dan pada proses produksi pemasaran tidak selalu melalui tengkulak sudah ada yang menerima. Dalam peningkatan posisi tawar petani terhadap tengkulak terlebih dahulu para anggota memusyawarahkan terkait penjualan yang akan dijual melihat dari segi kualitas hasil panen dan modal yang dikeluarkan. Solidaritas social dikelompok tani cukup tinggi, masing-masing anggota saling membantu, saling berbagi, mempunyai kegiatan sesuai dengan kemampuan mereka ini dikarenakan jarak rumah yang berdeketan sehingga tumbuh rasa kebersamaannya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan Kelompok Tani Mawar Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi di Kampung Cikoneng II Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Tani; Kesejahteraan Ekonomi;
Subjects: Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Devi Haryanti
Date Deposited: 03 Oct 2021 16:13
Last Modified: 03 Oct 2021 16:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44350

Actions (login required)

View Item View Item