Pembangunan ekonomi masyarakat perantau melalui Warung Bubur Kacang Hijau : Studi deskriptif di Desa Tirtawangunan Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan

Darmawan, Indra (2021) Pembangunan ekonomi masyarakat perantau melalui Warung Bubur Kacang Hijau : Studi deskriptif di Desa Tirtawangunan Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Warung bubur kacang hijau merupakan salah satu cara dalam membangun pertumbuhan ekonomi, upaya yang dilakukan masyarakat desa Tirtawangunan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat, pedagang warung bubur kacang hijau ini mengadu nasib dengan jadi perantau di kota-kota besar, warung bubur kacang hijau ini biasanya bisa di temui di tempat-tempat keramaian seperti daerah, kampus, pabrik atau pusat keramaain, biasanya warung bubur kacang hijau dijadikan persinggahan atau tongkrongan baik oleh mahasisiwa ataupun pengendari yang mau istirahat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu peran masayrakat perantau melalui warung bubur kacang hijau dalam meningkatkan perekonomian di Desa, perekonomian keluarga, faktor penunjang dan penghambat dalam berjualn bubur kacang hijau. Adapun Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu Teori pembangunan Ekonomi Masyarakat W. W. Rostow (1993) dimana rostow mengulas mengenai lima tahap pembangunan. Rostow berpendapat bahwa proses pembangunan dalam masyarakat tumbuh bergerak lurus, yakni dari masyarakat terbelakang ke masyarakat yang lebih maju. Proses pertumbuhan ini mengalami fase yang cukup lama. Tahapan pembangunan Rostow yakni, Tahapan masyarakat tradisional, tahapan prasyarat tinggal landas, tahapan tinggal landas, tahapan kedewasaan dan tahapan konsumsi tinggi. menurut Rostow apabila masyarakat sudah melewati lima tahapan tersebut maka bisa dikatakan sudah berhasil membangun pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu sebuah metode dimana jenis, sumber teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan kedalam bentuk naratif, sehingga hasil dari penelitian ini lebih realistis dan konkret. Adapun studi dalam penelitian ini adalah para Pedagang bubur kacang hijau sebagai pelaku pembangunan ekonomi tersebut. Hasil dari penelitian cukup menunjukan peran warung buur kacang hijau ini terbut dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Tirtawangunan. Hal Tersebut di buktiken dengan sumber daya manusia yang berkualitas, tingkat pendidikan yang tinggi, kecukupan dalam memenuhi kebutuh hidup, terciptanya lapangan pekerjaan, berkuranggnya angka kemiskinian dan terciptanya kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi; Warung Bubur Kacang Hijau
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Customs of People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Indra Darmawan
Date Deposited: 01 Oct 2021 13:59
Last Modified: 01 Oct 2021 13:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44320

Actions (login required)

View Item View Item