Strategi bimbingan haji dalam meningkatkan pemahaman jama'ah terhadap materi manasik: Studi deskriptif di KBIH Al-Maghfiroh Kota Bandung

Dhiyaul Haq, Muhammad Dzikri (2021) Strategi bimbingan haji dalam meningkatkan pemahaman jama'ah terhadap materi manasik: Studi deskriptif di KBIH Al-Maghfiroh Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

KBIH Almagfiroh terletak di Desa Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Salah satu program di KBIH ini adalah pembekalan kepada calon jama`ah haji dalam bentuk manasik haji. Dalam proses manasik haji pimpinan KBIH harus memiliki strartegi. Maka dari itu perlu adanya manajemen strategik bimbingan haji dalam meningkatkan pemahaman jama’ah terhadap materi manasik agar proses manasik haji bisa berjalan dengan efektif dan efisien serta materi manasik dapat dipahami oleh calon jamaah secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bimbingan haji dalam meningkatkan pemahaman jama’ah terhadap materi manasik. manajemen strategik bimbingan haji terdiri dari perencanaan bimbingan manasik, upaya bimbingan manasik, peluang dan hambatan dalam proses bimbingan manasik. Tahapan-tahapan strategi yang diterapkan dari mulai perumusan strategi pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi di KBIH Al-Maghfiroh telah sesuai dengan teori Fred R. David dalam buku Taufiqurrokhman dan menurut Husen dalam buku yang sama. Selain itu juga tahapan strategi perumusan, pelaksanaan dan evaluasi dijelaskan dalam buku M. Taufiq Amir, Ahmad Djuaeni Kadmasasmita, Sondang P. Siagian, dan Ismail Solihin Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan serta fakta-fakta mengenai manajemen strategi bimbingan haji dalam meningkatkan pemahaman jama’ah terhadap materi manasik. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bimbingan haji di KBIH Al-Maghfiroh dalam meningkatkan pemahaman jamaah terhadap materi manasik yang terdiri dari tiga langkah: Pertama, Perumusan strategik yang diterapkan yaitu dengan mengembangkan visi misi tujuan organisasi identifikasi peluang, ancaman eksternal organisasi, memastikan kekuatan dan kelemahan internal organisasi dan pemilihan alternatif strategi. Kedua, melakukan pelaksanaan strategi dengan bentuk program kerja, prosedur dan pengorganisasian. Ketiga, Evaluasi yang dilakukan di KBIH Al-Magfiroh dibagi menjadi dua bagian yaitu, evaluasi yang dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Bimbingan Manasik; Materi Manasik.
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Dzikri Dhiyaul Haq
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:09
Last Modified: 30 Sep 2021 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44292

Actions (login required)

View Item View Item