Pengaruh Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Retun on Asset (ROA) PT Bank Victoria Syariah Periode 2015-2020

Maryamah, Zahra (2021) Pengaruh Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Retun on Asset (ROA) PT Bank Victoria Syariah Periode 2015-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Net Operating Margin (NOM) ialah rasio rentabilitas pada perbankan syariah untuk mengetahui kemampuan aktiva produktif dalam menghasilkan laba. Semakin besar rasio NOM ini maka akan meningkat pada pendapatan bagi hasil dalam aktiva produktif yang dikelola oleh suatu perbankan. Financimg to Deposit Ratio (FDR) ialah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan sejauh mana bank mengerahkan dana pinjaman kepada nasabah yang di dapat dari dana pihak ketiga, Semakin rendah tingkat rasio Financing to Deposit ratio maka semakin baik tingkat likuiditasnya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :Pengaruh (NOM) secara parsial terhadap (ROA), Pengaruh (FDR) secara parsial terhadap Retun on Asset (ROA), dan Pengaruh (NOM) dan (FDR) secara simultan terhadap (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah Periode 2015-2019. Variabel NOM dan FDR terhadap ROA saling berpengaruh secara simultan ataupun parsial yaitu antara X1 Net Operating Margin (NOM) X2 Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Y Retun on Asset (ROA). Semakin besar keuantungan NOM dan FDR maka semakin besar keuntungan Retun on Asset (ROA). Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini ialah laporan triwulan pada PT. Bank Victoria Syariah Periode 2015-2020 melalui Website resmi PT. Bank Victoria Syariah. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskidistas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji signifikansi uji t (parsial) dan uji signifikansi uji F (simultan). Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS For Windows Version 23.0 untuk memperkuat hasil manual. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(NOM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Retun on Asset (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 49.7% sisanya 50.3% yang dipengaruhi oleh faktor lain; (FDR) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Retun on Asset (ROA) dengan hasil nilai koefisien determinasi 33.3% sisanya 66.7% yang dipengaruhi faktor lain; (NOM) dan (FDR) secara simltan berpengaruh signifikan terhadap (ROA) dengan nilai koefisien determinasi 61.8% sisanya 58.2% yang dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Operating Margin (NOM); Financing to Deposit Ratio (FDR); Retun on Asset (ROA)
Subjects: Administration of Economy
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Zahra Maryamah
Date Deposited: 04 Oct 2021 09:21
Last Modified: 04 Oct 2021 09:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item