Pengaruh layanan informasi dalam bimbingan pribadi terhadap kemampuan mengelola waktu: Penelitian di masa pandemi covid-19 pada Siswa MA Syarif Hidayatulloh Kabupaten Bandung Barat

Pratiwi, Puri Nur'azizah (2021) Pengaruh layanan informasi dalam bimbingan pribadi terhadap kemampuan mengelola waktu: Penelitian di masa pandemi covid-19 pada Siswa MA Syarif Hidayatulloh Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Berlakunya pembelajaran secara daring akibat covid-19 menyebabkan permasalahan yakni kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola waktu. Karena itu, pihak MA Syarif Hidayatulloh Kabupaten Bandung Barat mengantisipasinya dengan menyelenggarakan layanan informasi dalam bimbingan pribadi pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan informasi dalam bimbingan pribadi di MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat pada masa pandemi covid-19, mengetahui kemampuan siswa MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat dalam mengelola waktu pada masa pandemi covid-19, dan pengaruh layanan informasi dalam bimbingan pribadi terhadap kemampuan mengelola waktu di MA Syarif Hidayatulloh Bandung Barat. Penelitian ini memiliki relevansi teori, pada teori layanan informasi dalam bimbingan pribadi bertolak pada teori Tohirin dan Erman Amti sedangkan kemampuan mengelola waktu bertolak pada teori Madura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa layanan informasi dalam bimbingan pribadi di MA Syarif hidayatulloh nilai kualifikasinya sangat baik, karena memiliki rata-rata sebesar 3,40 pada interval 3,26 – 4. Begitupun setelah mendapat layanan informasi dalam bimbingan pribadi, kemampuan mengelola waktu kualifikasinya baik dilihat dari rata-rata sebesar 3,21 pada interval 2,6 – 3,25. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 26,222 + 0,464 X yang berarti setiap penambahan nilai layanan informasi dalam bimbingan pribadi 1 poin, maka nilai kemampuan mengelola waktu bertambah sebesar 26,222. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi adalah 0,001 < 0,05 yang artinya apabila nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai R Square diperoleh sebesar 0,274 yang berarti layanan informasi dalam bimbingan pribadi berpengaruh 27,4% sedangkan 72,6% dipengarhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan informasi; bimbingan pribadi; mengelola waktu;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Puri Nurazizah Pratiwi
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:55
Last Modified: 30 Sep 2021 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44248

Actions (login required)

View Item View Item