Penggunaan Written Feedback sebagai asesmen formatif untuk melatih keterampilan proses sains siswa pada materi jamur

Nurhidayah, Wina Aini (2021) Penggunaan Written Feedback sebagai asesmen formatif untuk melatih keterampilan proses sains siswa pada materi jamur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik sangat perlu pengembangan soal-soal berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan pemahaman dan mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik, karena pendidik hanya melakukan evaluasi setiap bab selesai dipelajari, soal-soal tersebut bukan murni hasil pemikiran pendidik sendiri melainkan diambil dari buku ajar, LKS, modul yang digunakan dan sebagian ada yang berasal dari internet dan pendidik jarang membuat kisi-kisi saat membuat soal sehingga ketercapaian yang diukur tidak jelas. Hal ini yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian mengenai penggunaan Written Feedback. Selain itu peserta didik sangat perlu pengembangan soal-soal berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan pemahaman dan mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Written Feedback untuk menilai keterampilan proses sains siswa pada materi jamur Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik secara acak. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X IPA 1 SMA Al-Islam Bandung Hasil penelitian mennjukan bahwa Keterlaksanaan proses pembelajaran siswa menggunakan Written Feedback sebagai asesmen formatif memiliki rata-rata yaitu 89% dengan kriteria sangat baik, dan keterlaksanaan guru menggunakan Written Feedback sebagai asesmen formatif memiliki rata-rata yaitu 83% dengan kriteria baik. Keterampilan proses sains siswa menggunakan Written feedback sebagai asesmen formatif pada materi jamur didapatkan nilai rata-rata 69% dengan kriteria baik. Penggunaan Written feedback sebagai asesmen formatif pada materi jamur di respon dengan baik dengan nilai rata-rata 68% kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Written Feedback; Asesmen Formatif; Keterampilan Proses Sains; Jamur
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Wina Aini Nurhidayah
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:43
Last Modified: 29 Sep 2021 08:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44243

Actions (login required)

View Item View Item