Hubungan antara hafalan Al-Quran dengan prestasi kognitif peserta didik mata pelajaran tafsir Al-Quran : Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 KMI Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Bandung

Mahmuda, Imron (2021) Hubungan antara hafalan Al-Quran dengan prestasi kognitif peserta didik mata pelajaran tafsir Al-Quran : Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 KMI Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan sebuah fenomena yaitu, usaha yang dilakukan pondok pesantren Baitul Hidayah adalah berusaha untuk mencetak lulusan yang sukses dan berhasil dalam akademik maupun non-akademik. Banyak sekali factor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah membiasakan para peserta didiknya berakhlak dan berfikir Qura’ni. Yang mana didalamnya terdapat kegiatan hafalan Al-Quran. Dengan diselenggarakannya program tersebut diharapkan para peserta didik dapat mengikutinya dengan baik dan menjadikannya penunjang dalam proses belajar dan dapat diimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari Maka peneliti mempertimbangkan untuk melaksanakan sebuah penelitian. yang bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara hafalan Al-Quran dengan prestasi kognitif peserta didik pelajaran Tafsir Al-Quran di Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik, (2) Untuk mengetahui prestasi kognitif peserta didik dalam mata pelajaran Tafsir Al-Quran, (3) Untuk mengetahui hubungan hafalan Al-Quran dengan prestasi kognitif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di Pondok Pesantren Baitul Hidayah, dengan melibatkan siswa kelas 5 KMI sebanyak 41 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik rumus product moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Penerapan hafalan Al-Quran yang diterapkan sesuai dengan hasil observasi dan hasil angket tergolong cukup baik, hal ini dapat dilihat dari analisis data melalui skor rata- rata diperoleh sebesar 73,19, berada dalam klasifikasi diantara 51 – 75, (2) Prestasi kognitif peserta didik pada pelajaran Tafsir Al-Quran berada pada kategori baik dengan rata-rata nilainya sebesar 68,29. (3) Adanya hubungan antara hafalan Al-Quran dengan prestasi kognitif peserta didik pelajaran Tafsir Al-Quran dengan interpretasi kuat. Hal ini dapat diketahui dari hasil formulasi statistik product moment dengan hasil 0,77 yang terletak antara 0,70 – 0,90 pada tabel angka korelasi “r”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Korelasi; Hafalan Al-Quran; Prestasi Kognitif; Tafsir Al-Quran
Subjects: Education, Research
Religious Education
Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 01 Oct 2021 06:29
Last Modified: 01 Oct 2021 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44242

Actions (login required)

View Item View Item