Sikap terhadap kegiatan pengajian rutin dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al Quran : Penelitian terhadap ibu-ibu pengajian Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor

Dwiningsih, Finda Lestari (2021) Sikap terhadap kegiatan pengajian rutin dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al Quran : Penelitian terhadap ibu-ibu pengajian Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada hasil observasi dan wawancara yang diperoleh informasi bahwa masih terdapat ibu-ibu yang membaca al quran nya belum sesuai dengan kaidah tajwid dan masih kurang fasih dalam melafalkan huruf-hurufnya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh mereka, dengan dilaksankannya kegiatan pengajian rutin di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor tentunya menjadi suatu upaya dalam memperbaiki bacaan Al Quran dengan baik, hal ini selaras dengan tujuan dari kegiatan tersebut. Sikap ibuibu terhadap kegiatan pengajian rutin dapat memberikan dampak, oleh karena itu ibu-ibu yang selalu terlibat dalam kegiatan pengajian rutin memungkinkan meningkatnya kemampuan mereka dalam membaca Al Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitas sikap ibu-ibu terhadap kegiatan pengajian rutin di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor. (2) Realitas kemampuan ibu-ibu membaca Al Quran di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor. (3) Hubungan sikap ibu-ibu terhadap kegiatan pengajian rutin dengan kemampuan mereka membaca Al Quran di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif, jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Dalam penelitian ini diambil sampel dari ibu-ibu yang mengikuti pengajian rutin di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor sebanyak 30 jamaah. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil: (1) Realitas Sikap Terhadap Kegiatan Pengajian Rutin di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor termasuk pada kualifikasi positif dengan nilai ratarata sebesar 4,05, (2) Realitas Kemampuan Membaca Al Quran ibu-ibu pengajian di Majelis Taklim Nurul Huda Cilubang Kabupaten Bogor temasuk pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 2,98, (3) Hubungan Sikap Terhadap Kegitan pengajian rutin dan Kemampuan Membaca Al Quran adalah (a) koefisien korelasi senilai 0,89 termasuk pada kategori sangat tinggi (b) Hipotesisnya diterima, yang berarti adanya hubungan yang positif antara sikap ibu-ibu terhadap kegiatan pengajian rutin dengan kemampuan membaca al quran mereka, hal ini berdasarkan pada nilai Thitung 10,73 > Ttabel 2,05. dan (c) Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y termasuk tinggi yaitu sebesar 56%. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat 44% faktor lainnya yang dapat mempengaruhi sikap tehadap kegiatan pengajian rutin Dan hubungannya dengan kemapuan membaca Al Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengajian rutin; kemampuan baca Al Quran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Finda Lestari Dwiningsih
Date Deposited: 04 Oct 2021 09:11
Last Modified: 04 Oct 2021 09:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44199

Actions (login required)

View Item View Item