Upaya Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Conggeang, Kabupaten Sumedang

Putri, Ade Shinta Asmara (2021) Upaya Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Conggeang, Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Peneliti menemukan adanya fenomena penurunan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Conggeang sebagai dampak dilaksanakannya pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Menariknya, di tengah kondisi tersebut, Guru PAI justru berupaya keras untuk tetap semangat dalam membimbing dan membangkitkan motivasi belajar siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:1) mendeskripsikan penyebab turunnya motivasi belajar siswa, 2) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Conggeang, Kabupaten Sumedang. Berdasarkan teori dapat diketahui bahwa motivasi belajar penting untuk dimiliki siswa, karena berfungsi sebagai pendorong, pengarah, dan penyemangat siswa dalam belajar. Guru sebagai motivator, berperan dalam membangkitkan dorongan siswa dalam belajar supaya siswa tersebut dapat mencapai keberhasilan dan mampu berprestasi. Peran guru ini selaras dengan semboyan Tut Wuri Handayani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sampel sumber datanya dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Dengan guru Pendidikan Agama Islam sebagai informan utamanya. Tahapan analisis data kualitatif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyebab motivasi belajar siswa menurun adalah karena kendala-kendala yang timbul dari dalam diri siswa, fasilitas alat komunikasi, pengaruh dari lingkungan keluarga dan kurangnya kemampuan guru dalam menarik perhatian siswa; 2) upaya-upaya yang dilakukan oleh Guru PAI adalah menyederhanakan dan memperjelas materi pelajaran, memberikan apresiasi, pujian dan hadiah, memberikan nasihat mental, spiritual, ibadah serta dorongan belajar, memberikan bonus penilaian, persaingan atau kompetisi, melakukan kuis atau tanya jawab, memberikan tugas atau soal latihan, menceritakan kisah hikmah/inspiratif, dan membangun suasana pembelajaran yang nyaman dan akrab; 3) faktor pendukungnya meliputi kuatnya motivasi intrinsik siswa, alat komunikasi yang mendukung, profesionalisme guru pai sebagai pendidik dan motivator yang baik, dan dukungan dari sekolah. Sedangkan penghambatnya, meliputi hambatan yang muncul dari dalam diri siswa, dampak buruk dari penggunaan gadget yang berlebihan, kekuatan sinyal yang tidak stabil, orang tua yang tidak mau bekerja sama dalam membimbing anaknya saat belajar, dampak buruk dari pergaulan antar teman, dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan IT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; PAI; agama islam; pendidikan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Shinta Asmara Putri
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:45
Last Modified: 30 Sep 2021 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44183

Actions (login required)

View Item View Item