Analisis dinamik dan sensitivitas pada transmisi virus malaria menggunakan model matematika SEIRSp

Ilham, Mohammad (2021) Analisis dinamik dan sensitivitas pada transmisi virus malaria menggunakan model matematika SEIRSp. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh protozoa parasit(sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe plasmodium. Malaria ditularkan oleh nyamuk kepada manusia ataupun hewan. Malaria menjadi perhatian global karena menjadi penyebab kematian kelima akibat penyakit menular di seluruh dunia. Berdasarkan keterangan dari WHO pada tahun 2018, malaria menjadi salah satu penyebab yang akan mengakibatkan 250.000 kematian tambahan per tahun di antara tahun 2030 sampai 2050. Skripsi ini bertujuan untuk memprediksi transmisi dari virus malaria dengan menggunakan model matematika SEIRSp, analisis sensitivitas, dan simulasi dinamik menggunakan software Maple. Model SEIRSp bertujuan untuk memvisualisasikan bagaimana model bekerja dan untuk membangun sistem persamaan diferensial yang berguna untuk menentukan nilai R0, titik ekuilibrium DFE, dan titik ekuilibrium END, kemudian menganalisis kestabilan masing-masing titik ekuilibrium tersebut. Setelah mengkonstruksi model, akan dilakukan analisis sensitivitas menggunakan Normalized sensitivity index untuk mengetahui pengaruh setiap parameter terhadap perubahan dari nilai R0. Selanjutnya dilakukan simulasi dinamik untuk mengetahui dan memprediksi dari penyebaran virus malaria dari nilai parameter dan nilai awal variabel yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis sensitivitas dan simulasi dinamik yang didapat, terdapat 4 parameter yang sangat mempengaruhi nilai R0, yaitu parameter Λ,β,μ, dan θ. Di mana Λ dan β memiliki relasi positif terhadap perubahan nilai R0, yang memiliki arti jika parameter Λ yaitu laju jumlah rekrutmen konstan atau β yaitu laju infeksi malaria mengalami kenaikan, maka nilai R0 pun juga akan mengalami kenaikan. Sedangkan parameter μ dan θ memiliki relasi negatif terhadap perubahan nilai R0, yang memiliki arti jika parameter μ yaitu laju kematian alami atau θ laju sembuh mengalami kenaikan, maka nilai R0 akan mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Virus Malaria; Angka Reproduksi Dasar (R0); Model SEIRSp; Simulasi Dinamik; Analisis Sensitivitas
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics
Applied mathematics > Programming Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Mohammad Ilham
Date Deposited: 01 Oct 2021 04:45
Last Modified: 01 Oct 2021 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44174

Actions (login required)

View Item View Item