Kendala pembelajaran online dalam pengajaran tematik di masa pandemi Covid-19 : Penelitian deskriptif di MI Nurul Falah Cileles Kabupaten Sumedang

Hanifah, Tiar Iqri (2021) Kendala pembelajaran online dalam pengajaran tematik di masa pandemi Covid-19 : Penelitian deskriptif di MI Nurul Falah Cileles Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah adanya wabah COVID-19 yang menyebar di Indonesia yang mengakibatkan kepada proses pembelajaran khususnya di MI Nurul Falah Cileles dipaksa berubah secara drastis dari pertemuan tatap muka menjadi belajar di rumah masing-masing secara online. Kemudian ketika dalam pembelajaran online pada pengajaran tematik tidak berjalan dengan baik sesuai dengan hasil wawancara yang ditemukan yakni sinyal dan kuota yang tidak memadai, tidak semua orang tua siswa memiliki handphone yang mengakibatkan tidak semua siswa mengikuti pembelajaran tematik online ini dan otomatis hanya siswa yang memiliki handphone bisa mengerjakan tugas dari guru kemudian adanya pengumuman dari pemerintah yang mendadak untuk belajar di rumah secara online maka tidak adanya persiapan yang dilakukan oleh pihak sekolah menjadikan pembelajaran tidak berjalan sama halnya dengan di sekolah. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online dalam pengajaran tematik di masa COVID-19 MI Nurul Falah Cileles Kabupaten Sumedang, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru, siswa dan orang tua siswa dalam pembelajaran online pada pengajaran tematik di masa pandemi COVID-19 MI Nurul Falah Cileles Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini 3 orang perwakilan guru, 4 orang perwakilan siswa dan 4 orang perwakilan orang tua siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. sumber analisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu 1) pada pelaksanaan pembelajaran tematik online yang dilakukan oleh guru yakni menguasai materi sesuai dengan kompetensi dasar lalu memberikan materi dan menilai sesuai kemampuan dan kejujuran siswa. yang dilakukan oleh siswa yakni mempersiapkan diri, mengamati apa yang disampaikan oleh guru dan mengerjakan sesuai dengan kemampuan. Yang dilakukan oleh orang tua yakni membimbing anak dan memotivasikan anak supaya mau mengikuti dan mengerjakan tugas sesuai perintah dari guru. 2) kendala yang dihadapi guru diantaranya kuota yang harus setiap saat diisi, sinyal yang tidak memadai, kesiapan orang tua dan siswa yang kurang sigap, sarana dan prasarana yang tidak lengkap, beberapa orang tua tidak mengirimkan tugas, guru tidak bisa mengawasi kejujuran siswa. 3) kendala yang dihadapi oleh siswa yakni rebutan handphone dengan saudara yang sama-sama belajar online ,bingung ketika materi dan soal yang disampaikan tidak dimengerti, merasakan malas dan tidak bersemangat karena merasa liburan sekolah. (4) kendala yang dihadapi oleh orang tua siswa yakni adanya penambahan pengeluaran uang untuk membeli kuota, sinyal yang jelek, orang tua yang sibuk bekerja tidak bisa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran nline; tematik; MI nurul falah
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tiar Iqri Hanifah
Date Deposited: 01 Oct 2021 05:45
Last Modified: 01 Oct 2021 05:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44168

Actions (login required)

View Item View Item