Hubungan peran orang tua dalam memotivasi siswa terhadap hasil belajar pada pembelajran tematik: Penelitian korelasi di kelas V SD Negeri Sekpeuris 02 Kecamatan Katapang

Fitriyanti, Mutia (2021) Hubungan peran orang tua dalam memotivasi siswa terhadap hasil belajar pada pembelajran tematik: Penelitian korelasi di kelas V SD Negeri Sekpeuris 02 Kecamatan Katapang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Peran orang tua dalam memotivasi belajar menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar. Adanya motivasi sebagai penggerak serta pendorong bagi siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam memotivasi siswa kelas V, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik, dan untuk mendeskripsikan hubungan peran orang tua dalam memotivasi siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di SD Negeri Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang. Hipotesis penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dalam memotivasi siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 83 siswa kelas V SD Negeri Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket, dan wawancara untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi bivariate yang mana analisis data awal dengan uji normalitas, lalu uji korelasi, dan diakiri dengan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran orang tua dalam memotivasi siswa kelas V SD Negeri Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang memiliki rata-rata sebesar 63,00 dan berada dalam kategori baik. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang yaitu sebesar 75,36 dan berada dalam kategori baik. Hubungan antara peran orang dalam memotivasi siswa dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Sekepeuris 02 Kecamatan Katapang termasuk dalam kategori cukup atau sedang. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus Product Moment bahwa nilai r hitung sebesar 0,758. Dengan signifikansi 5% dan jumlah responden 83, maka diperoleh r tabel sebesar 0,213. Dengan begitu, nilai r hitung (0,758) > r tebel (0,213). Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara peran orang tua dalam memotivasi siswa dengan hasil belajar siswa.hal ini dapat menunjukkan bahwa 57,5% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh peran orang tua dalam memotivasi siswa. Oleh karena itu, perlu dipertahankan dan ditingkatkan peran orang tua dalam memotivasi belajar agar anak mendapat hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua sebagai motivator; Peran orang tua; Hasil belajar siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutia Fitriyanti
Date Deposited: 01 Oct 2021 04:50
Last Modified: 01 Oct 2021 04:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44152

Actions (login required)

View Item View Item