Analisis penerapan PSAP nomor 13 tentang penyajian laporan keuangan Badan Layanan Umum pada Puskesmas Cibugel Kabupaten Sumedang tahun 2018-2020

Arsy, Annida Aljannatul (2021) Analisis penerapan PSAP nomor 13 tentang penyajian laporan keuangan Badan Layanan Umum pada Puskesmas Cibugel Kabupaten Sumedang tahun 2018-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya peningkatan tranparansi dan akuntabilitas dalam hal pengelolaan keuangan negara, maka dibentuklah sebuah standar akuntansi yakni Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) Nomor 13 bertujuan untuk mengatur penyajian laporan keuangan BLU dalam rangka meningkatkan keterbandingan laporan keuangan baik terhadap anggaran, antara periode, maupun antar BLU. Untuk mencapai tujuan tersebut, standar ini menetapkan seluruh pertimbangan dalam rangka penyajian laporan keuangan, pedoman struktur laporan keuangan dan persyaratan minimum isi laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan, hambatan, dan upaya dalam penyajian laporan keuangan berdasarkan PSAP di Puskesmas Cibugel Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang berhubungan dengan analisis penerapan PSAP Nomor 13 pada Laporan Keuangan PUskesmas Cibugel Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Analisis Sistem dari David Easton yang dapat dilihat dari input, process, output, feedback, environment. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa, penerapan PSAP Nomor 13 pada Laporan Keuangan Puskesmas Cibugel Kabupaten Sumedang sudah diterapkan dengan baik, tetapi belum sepenuhnya karena pada Tahun Anggaran 2018 masih ada beberapa komponen laporan keuangan yang tidak sesuai dengan kaidah yang ada dalam PSAP Nomor 13.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Laporan Keuangan; Standar Akuntansi.
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annida Aljannatul Arsy
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:50
Last Modified: 04 Oct 2021 04:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44138

Actions (login required)

View Item View Item