Aktivitas santri mengikuti Praktik Dakwah Lapangan hubungannya dengan akhlak kepada Allah: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al Mu'awanah Majalaya Bandung

Suryaningtias, Ana (2021) Aktivitas santri mengikuti Praktik Dakwah Lapangan hubungannya dengan akhlak kepada Allah: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al Mu'awanah Majalaya Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah masih banyaknya santri yang melanggar peraturan pondok pesantren seperti tidak mengikuti sholat berjamaah di masjid, tidak mencerminkan akhlak karimah seperti bertengkar dengan teman sebayanya, menggunjing ada pula santri yang malu untuk berbicara di depan umum. Akibat banyak santri yang melanggar aturan tersebut, dikhawatirkan minimnya akhlak kepada Allah SWT. Minimnya akhlak santri juga diperlihatkan adanya sikap penolakan ketika guru memerintahkan untuk melaksanakan shalat berjamaah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memperbanyak aktivitas praktik dakwah lapangan sebagai sarana dan bentuk dari implementasi ilmu yang telah mereka pelajari selama di pondok pesantren. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui aktivitas santri mengikuti Praktik dakwah lapangan hubungannya dengan akhlak kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Modern Al Mu’awanah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa akhlak kepada Allah SWT dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya aktivitas siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan ialah terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas santri mengikuti prektek dakwah lapangan dengan akhlak kepada Allah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara variabel X (aktivitas santri mengikuti ptraktek dakwah lapangan) dan variabel Y (akhlak kepada Allah). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas santri mengikuti Praktik dakwah lapangan memperoleh nilai rata-rata 3,62 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Akhlak kepada Allah memperoleh nilai 4,28 dengan kualifikasi sangat tinggi karena berada pada interval 4,20 – 5,00. Sedangkan aktivitas santri mengikuti Praktik dakwah lapangan hubungannya dengan akhlak kepada Allah di peroleh nilai korelasi sebesar 0,89 dengan kualifikasi sangat tinggi karena berada pada interval 0,81 – 1,00. Hasil pengujian hipotesis menujukan thitung 11,35 > ttabel 0,312. Dengan demikian dapat dinyatakan ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 48% artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 52% yang mempengaruhi baik dari faktor internal maupun eksternal terhadap akhlak kepada Allah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas;Praktik Dakwah Lapangan;Akhlak;Akhlak kepada Allah;
Subjects: Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ana Suryaningtias
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:06
Last Modified: 28 Sep 2021 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44081

Actions (login required)

View Item View Item