Pemahaman siswa terhadap materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam hubungannya dengan akhlak berbusana Muslimah dalam kehidupan sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung

Nuryani, Yan yan (2021) Pemahaman siswa terhadap materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam hubungannya dengan akhlak berbusana Muslimah dalam kehidupan sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Karya Budi penyusun mendapat informasi bahwa materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam telah dipelajari pada semester satu di kelas X. Secara umum nilai kognitif siswa dari pembelajaran tersebut cukup baik, namun fakta yang disaksikan penyusun materi tersebut secara aplikatifnya belum dilaksanakan secara maksimal oleh siswa. Penyusunn pun tertarik meneliti mengenai hubungan antara pemahaman materi tersebut dengan akhlak berbusana muslimah siswa dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam siswa kelas X SMA Karya Budi. 2) Realitas akhlak berbusana muslimah dalam kehidupan sehari-hari. 3) Realitas hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam dengan akhlak berbusana muslimah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa perubahan sikap dan tingkah laku siswa dalam kehidupan sehari-harinya dapat dipengaruhi oleh pemahaman siswa tersebut terhadap materi pembelajaran yang telah dipelajarinya. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis bahwa semakin siswa memahami materi tertentu maka akan semakin baik pula sikap dan tingkah laku (akhlak) dalam kehidupan sehari-harinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian asosiatif. 2) Responden 40 orang siswa Kelas X SMA Karya Budi. 3) Alat pengumpulan data: tes, angket, wawancara, obsevasi dan studi kepustakaan,. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil analisis menunjukan: 1) Pemahaman siswa terhadap materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam termasuk kategori sangat tinggi yaitu 86,33 yang berada pada interval 80-100. 2) Akhlak berbusana muslimah dalam kehidupan sehari-hari termasuk kategori baik, dengan nilai rata-rata 4,12 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam dengan akhlak berbusana muslimah dalam kehidupan sehari-hari berada pada kategori sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,17 yang berada pada interval 0,00 - 0,20. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2 %. Ini menunjukan masih ada faktor lain sebesar 98% yang mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemahaman; busana muslimah;akhl
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yan yan Nuryani
Date Deposited: 03 Oct 2021 16:48
Last Modified: 03 Oct 2021 16:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44071

Actions (login required)

View Item View Item