Efektivitas eceng gondok (Eichhornia crassipes. Mart) terhadap penurunan kadar logam berat pada limbah laboratorium dengan metode Vertical Flow Sub Surface Phytoremediation

Salima, Hilda (2021) Efektivitas eceng gondok (Eichhornia crassipes. Mart) terhadap penurunan kadar logam berat pada limbah laboratorium dengan metode Vertical Flow Sub Surface Phytoremediation. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Limbah merupakan sisa hasil buangan yang dihasilkan dari proses produksi atau salah satu aktivitas di laboratorium. Pengolahan limbah di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dilakukan di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas sistem Vertical Flow Sub-Surface Phytoremediation (VFSSP) yang dikombinasikan dengan tumbuhan eceng gondok (Eichhornia crassipes. Mart) dalam mereduksi sisa logam berat yang teridentifikasi paling dominan pada air limbah laboratorium dan membandingkan hasil yang didapat dengan baku mutu air limbah yang telah ditetapkan serta melihat pertumbuhan eceng gondok nya selama proses fitoremediasi. Penelitian ini merupakan jenis deksriptif kuantitatif dengan teknik sampling Composite Sampling. Hasil menunjukkan bahwa logam berat yang teridentifikasi paling dominan pada limbah laboratorium yaitu logam berat Cd dengan kadar sebesar 2,22 mg/L dan logam berat Pb sebesar 8,57 mg/L. Sisa kadar logam berat Cd menjadi 0,073 mg/L dan Pb menjadi 0,63 mg/L setelah mengalami pengolahan sebelumnya. Pengamatan yang dilakukan selama 14 hari pada sistem pengolahan lanjutan (VFSSP) menghasilkan tingkat efektivitas penghapusan logam Cd sebesar 46,58% dan Kadar logam berat Pb sebesar 44,44% dan kedua logam tersebut sudah memenuhi baku mutu air limbah untuk air limbah yang belum ditetapkan menurut Permen LH No.5 Tahun 2014. Eceng gondok bertahan tumbuh hingga akhir pengamatan dengan kondisi tumbuhan yang sedikit layu dan terjadi klorosis pada daun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Limbah; Eceng Gondok; Zero Discharge; VFSSP
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Biochemistry > Photosynthesis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Hilda Salima
Date Deposited: 06 Oct 2021 08:01
Last Modified: 06 Oct 2021 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44055

Actions (login required)

View Item View Item