Hubungan efektivitas pembelajaran sistem guru keliling dengan motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid 19: Penelitian korelasional di Kelas IV SD Dharma Ibu Bogor

Hasanah, Widiyanti Nur (2021) Hubungan efektivitas pembelajaran sistem guru keliling dengan motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid 19: Penelitian korelasional di Kelas IV SD Dharma Ibu Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya perubahan sistem pembelajaran sebagai dampak dari adanya pandemi Covid 19. Pembelajaran di SD Dharma Ibu dilakukan dengan menerapkan sistem guru keliling. Sistem guru keliling ini salah satu pembelajaran luar jaringan (luring) yang dalam pelaksanaannya yang sama sekali tidak terhubung jaringan network. Dengan diterapkannya sistem guru keliling, maka diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didasari atas suatu asumsi bahwa munculnya motivasi belajar yang tinggi ditentukan oleh proses pembelajaran yang efektif. Sementara itu proses pembelajaran yang efektif bergantung dari situasi lingkungan yang kondusif serta sistem pembelajaran yag dipilih. Proses pembelajaran yang tepat dapat dilihat dari indikator mutu, tingkat pengajaran yang tepat, insentif dan waktu. Adapun indikator bahwa seseorang memiliki motivasi belajar, yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita, penghargaan, pembelajaran yang menarik, dan lingkungan yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi: 1) efektivitas pembelajaran sistem guru keliling dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19; 2) motivasi belajar siswa di kelas IV Dharma Ibu Bogor di masa Pandemi Covid 19; 3) hubungan efektivitas pembelajaran menggunakan sistem guru keliling dengan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Dharma Ibu Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Dharma Ibu Bogor. Teknik penelitian ini menggunakan prohability sampling yaitu dengan memberikan peluang yang sama untuk kelas IV. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket yang sebelumnya sudah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitasnya. Sedangkan untuk analisis data, menggunakan teknik korelasi Product-Moment yang teknik perhitungannya menggunakan program Kolmogorov-Smirnov SPSS versi 26. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) efektivitas pembelajaran sistem guru keliling dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19 berada pada kategori tinggi dengan presentase 66,7% dan hasil rata-rata jawaban sebesar 66; 2) motivasi belajar siswa di kelas IV SD Dharma Ibu di masa pandemi covid 19 berada pada kategori tinggi dengan presentase 53,2% dan hasil rata-rata jawaban sebesar 78,22; 3) hubungan efektivitas pembelajaran menggunakan sistem guru keliling dengan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Dharma Ibu memperoleh hasil 0,652 yang berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widiyanti Nurhasanah
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:47
Last Modified: 29 Sep 2021 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44046

Actions (login required)

View Item View Item