Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19: Studi kasus pada siswa kelas XII IPA di SMAN 5 Bandung

Ripaldi, Aldi (2021) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19: Studi kasus pada siswa kelas XII IPA di SMAN 5 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah masalah yakni terjadinya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan realitas yang ada. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kompetensi profesional guru PAI relatif baik yang dilihat dari kenyataan kompetensi akademik guru PAI disini sudah mumpuni menjadi seorang guru yang profesional, sehingga persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sudah tentu positif, hal itu dibuktikannya dengan semangat mereka dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi covid-19. Namun di sisi lain, informasi yang diperoleh bahwa ketika kegiatan belajar mengajar metode yang digunakan oleh guru masih cenderung konvensional apalagi di masa pandemi seperti ini guru hanya memberikan UKBM, dan tes, hal ini menyebabkan mereka merasa jenuh dalam belajar sehingga motivasi belajarnya pun menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar mereka masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran PAI di kelas XII IPA SMAN 5 Bandung. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritik bahwa ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Persepsi yang dimaksud meliputi persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka di masa pandemi covid-19. Maka hipotesis yang diajukan adalah semakin baik persepsi siswa positif terhadap kompetensi professional guru, semakin tinggi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19 dan demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif serta model penelitiannya ex-postfacto. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik dengan empat pendekatan yaitu analisis parsial, uji normalitas, uji korelatif, dan product moment pearson. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru termasuk pada kategori tinggi dengan rata-rata skor dari seluruh indikator variabel X yaitu sebesar 3,96 yang berada pada interval 3,51-4,50; (2) motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19 termasuk pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor dari seluruh indikator variabel Y yaitu sebesar 3,70 yang berada pada interval 3,51-4,50; (3) korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,36, sedangkan derajat kebebasan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 10%. Dengan demikian masih ada 90% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: persepsi; kompetensi profesional; motivasi belajar; pandemi covid-19
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldi Ripaldi
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:44
Last Modified: 28 Sep 2021 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44045

Actions (login required)

View Item View Item