Pengaruh Taxes Payable dan Accrued Liabilities terhadap Total Current Liabilities pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. periode 2011-2020

Maulana, Muhammad Itsbatu (2021) Pengaruh Taxes Payable dan Accrued Liabilities terhadap Total Current Liabilities pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh utang dalam perusahaan. Utang adalah kewajiban suatu perusahaan yang timbul dari transaksi pada waktu yang lalu dan harus dibayar oleh perusahaan di waktu yang akan datang. Semakin tinggi utang jangka pendek dalam perusahaan, maka total utang jangka pendek juga akan mengalami kenaikan. Karena setiap akun yang berada dalam utang jangka pendek akan mempengaruhi total utang jangka pendek. Ketika utang jangka pendek mengalami kenaikan tetapi tidak mempengaruhi total utang jangka pendek, maka muncul permasalahan. Hal ini terjadi di PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Taxes Payable secara parsial terhadap Total Current Liabilities pada PT. Perusahaan Gas Negara Tbk periode 2011-2020. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Accrued Liabilities secara parsial terhadap Total Current Liabilities pada PT. Perusahaan Gas Negara Tbk periode 2011-2020. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Taxes Payable dan Accrued Liabilities secara simultan terhadap Total Current Liabilities pada PT. Perusahaan Gas Negara Tbk periode 2011-2020. Kerangka berpikir pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Taxes Payable, maka akan semakin tinggi pula Total Current Liabilities. Begitupun dengan Accrued Liabilities, semakin tinggi Accrued Liabilities, maka akan semakin tingi pula Total Current Liabilities. Oleh karena itu Taxes Payable dan Accrued Liabilities berpengaruh terhadap Total Current Liabilities. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Perusahaan Gas Negara Tbk periode 2011-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taxes Payable secara parsialtidak berpengaruh terhadap Total Current Liabilities dengan nilai koefisien determinasi sebesar 2,9%. Accrued Liabilities secara parsial tidak berpengaruh terhadap Total Current Liabilities dengan nilai koefisien determinasi sebesar 38,9%. Kemudian Taxes Payable dan Accrued Liabilities secara simultan tidak berpengaruh terhadap Total Current Liabilities pada PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. periode 2011-2020. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 51,7% pada PT. Perusahaan Gas Negara Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Taxes Payable; Accrued Liabilities; Total Current Liabilities;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rifa Rohadatul Aisy
Date Deposited: 29 Sep 2021 09:06
Last Modified: 29 Sep 2021 09:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44017

Actions (login required)

View Item View Item