Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII MTs Darul Ma'arif Pamanukan Subang

Syakiroh, Inten (2021) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII MTs Darul Ma'arif Pamanukan Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Inten Syakiroh, 1172020115, (2021) : Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dimasa Pandemi Covid-19 (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII MTs Darul Ma’arif Pamanukan Subang) Penelitian ini dilator belakangi oleh fenomena dimana terjadinya penurunan motivasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 yang mewabah di Indonesia. hal itu menjadikan system pembalajaran disetiap lembaga pendidikan dilakukan dengan system daring, Dalam hal itu guru harus memutar otak bertindak sekreatif mungkin agar peserta didik tetap efektif dan semangat mengikuti pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru disini diharapkan dapat menjadi salah satu faktor eksternal yang mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Maka munculah pertanyaan bahwa adakah pengaruh dari kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas delapan di MTs Darul Ma’arif Pamanukan dimasa pandemi Covid-19? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realita kompetensi pedagogik guru di MTs Darul Ma’arif Pamanukan (2) realita motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di MTs Darul Ma’arif Pamanukan (3) realita kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 ini di MTs Darul Ma’arif Pamanukan. Penelitian ini ditunjukan pada peserta didik kelas VIII karena pada usia itu siswa sedang mengalami puncak emosi remaja yang labil. dan hal yang diperkirakan mampu mempengaruhi motivasi belajarnya secara eksternal adalah kompetensi pedagogik guru dimana didalamnya mencakup kemampuan guru dalam memahami peserta didik, merencanaan dan melaksanaan pembelajaran, memanfaatan teknologi pembelajaran, mengevaluasi pembelajaraan, dan membimbing perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Wawancara dilaksanakan dengan tiga orang guru dan penyebaran angket dilaksanakan kepada 35 responden yakni peserta didik kelas depalan di MTs Darul Ma’arif Pamanukan dengan 40 item pernyataan yang terbagi kedalam dua variabel terkait. Dan kemudian setiap jawaban diolah menggunakan rumus korelasi dan regresi. Dari hasil analisis data diperoleh kasimpulan bahwa realita Kompetensi Pedagogik Guru tergolong cukup (skor 3,32). (2) realita Motivasi Belajar yang dimiliki peserta didik tergolong cukup (skor 3,12). (3) realita kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik hasil Uji signifikansi koefisien determinasi atau besarnya pengaruh dapat diketahui bahwa variabel X yakni kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi covid-19 mempunyai pengaruh terhadap variabel Y yakni motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Ma’arif Pamanukan sebesar 1% saja. Itu artinya masih ada 99% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang diluar dari objek penelitian yang diteliti penulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik; Motivasi Belajar; Covid-19
Subjects: Education, Research
Religious Education
Islam > Islamic Religious Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:25
Last Modified: 30 Sep 2021 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43987

Actions (login required)

View Item View Item