Pengaruh zakat produktif, pendampingan usaha, pendidikan, dan usia terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri di Kota Bandung

Herawati, Popi (2021) Pengaruh zakat produktif, pendampingan usaha, pendidikan, dan usia terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan masih menjadi permasalahan utama di negara kita, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan. Zakat merupakan salah satu instrumen yang dapat dioptimalkan sebagai salah satu solusi untuk pemasalahan ini. BAZNAS Provinsi Jawa Barat sebagai lembaga filantropi yang bertugas untuk mengelola zakat untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya (8 asnaf) berperan penting, maka dari itu ada zakat yang disalurkan menjadi profuktif. Selain zakat produktif, pada penelitian ini ada faktor-faktor lain yang akan dianalisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pendapatan. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh zakat produktif terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri, 2) Untuk mengetahui pengaruh pendampingan usaha terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri, 3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri, dan 4) Untuk mengetahui pengaruh usia terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yakni untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel zakat produktif, pendampingan usaha, pendidikan dan usia sebagai faktor-faktor terhadap pendapatan Mustahik program wirausaha mandiri yang menerima bantuan dari BAZNAS Jawa Barat di Program Wirausaha Mandiri. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 26 responden, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket/kuesioner menggunakan google form dan hasil jawaban dari responden tersebut lalu di hitung menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara zakat produktif, pendampingan usaha dan pendidikan terhadap pendapatan mustahik program wirausaha mandiri. Sedangkan pada faktor usia tidak berpengaruh siginifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; Pendampingan Usaha; Pendidikan; Usia; Pendapatan
Subjects: Econmics
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Popi Herawati
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:17
Last Modified: 28 Sep 2021 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43978

Actions (login required)

View Item View Item