Solusi terhadap kendala orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring pada pandemi Covid-19: Penelitian deskriptif kualitatif di SDN Ciwidey 06 Kabupaten Bandung

Nisa, Salwa Aulia (2021) Solusi terhadap kendala orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring pada pandemi Covid-19: Penelitian deskriptif kualitatif di SDN Ciwidey 06 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Dampak dari adanya pandemi Covid-19 di Indonesia ialah pada bidang pendidikan. Untuk memutuskan penyebaran virus Covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Pembelajaran daring pada jenjang pendidikan dasar memerlukan peran orang tua. Namun kenyataannya tidak sedikit orang tua mengalami kendala dalam menghadapi pembelajaran daring anak. Tujuan penelitian 1) mengetahui kendala orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring, 2) mengetahui solusi yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi kendala orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring, dan 3) mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Ciwidey 06 Kabupaten Bandung. Sumber data yang digunakan ialah 11 orang tua, 1 kepala sekolah dan 4 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) kendala orang tua dalam menghadapi pembelajaran daring diantaranya ialah berkaitan dengan penggunaan gawai atau hp, jaringan internet, penggunaan kuota, kesulitan membagi waktu, kurang pahamnya materi yang diberikan guru, sulitnya menumbuhkan motivasi dan semangat anak dalam belajar, ketidaksabaran orang tua menemani anak belajar, sulitnya membuat anak nyaman dan rileks belajar bersama orang tua dan orang tua tidak dapat menyerahkan tugas anak tepat waktu. 2) solusi yang diberikan kepala sekolah dalam mengatasi kendala orang tua menggunakan pembelajaran kombinasi antara daring dan luring, pembentukan kelompok belajar, orang tua kunjung, guru kunjung, penyaluran bantuan kuota pemerintah, dan pemberian kelonggaran waktu. 3) solusi yang diberikan guru dalam mengatasi kendala orang tua dengan dilaksanakannya pembelajaran kombinasi antara daring dan luring, orang tua atau siswa kunjung ke sekolah, guru kunjung ke rumah siswa, pendataan bantuan kuota pemerintah, penggunaan aplikasi yang bervariasi, pemberian reward, nasihat serta motivasi belajar, dan pemberian waktu tambahan bagi siswa maupun orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solusi; Kendala Orang Tua; Pembelajaran Daring
Subjects: Culture and Institutions > Parenthood
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salwa Aulia Nisa
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:28
Last Modified: 27 Sep 2021 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43971

Actions (login required)

View Item View Item