Pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Alquran hadits : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Assa'adah Jakarta Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur

Bahiyyah, Khoridatul (2021) Pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Alquran hadits : Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Assa'adah Jakarta Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTs Assa’adah Jakarta, diperoleh informasi bahwa terdapat siswa yang mempunyai masalah terhadap minat belajar seperti siswa yang tidak pernah mengumpulkan tugas yang telah diberikan guru dan masalah kehadiran seperti terjadinya penurunan kehadiran secara berangsur-angsur, hal ini menyebabkan beberapa siswa memiliki hasil belajar Alquran Hadits yang rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) realitas minat belajar dan kehadiran siswa kelas VIII MTs Assa’adah Jakarta dalam proses pembelajaran Alquran Hadits; (2) implementasi minat belajar dan kehadiran siswa kelas VIII MTs Assa’adah Jakarta dalam proses pembelajaran jarak jauh Alquran Hadits; (3) pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar Alquran Hadits siswa kelas VIII MTs Assa’adah Jakarta. Penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa hasil belajar Alquran Hadits siswa kelas VIII MTs Assa’adah dipengaruhi oleh minat belajar karena dipandang dapat berkontribusi terhadap frekuensi kehadiran siswa di kelas sehingga bukan hanya nilai ujian siswa yang dijadikan guru sebagai dasar penilaian hasil belajar, melainkan tingkat kehadiran siswa dalam mengikuti pelajaran juga akan memberikan nilai positif dibandingkan dengan siswa yang sering tidak hadir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional yang teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda dibantu dengan software SPSS versi 23 untuk mencari sejauh mana pengaruh antara minat belajar (X1) dan kehadiran siswa (X2) terhadap hasil belajar mata pelajaran Alquran Hadits (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) realitas minat belajar dan kehadiran siswa dalam proses pembelajaran Alquran Hadits diperoleh nilai rata-rata kumulatif hasil belajar sebesar 76,7 yang termasuk dalam kategori baik; (2) implementasi minat belajar dan kehadiran siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh Alquran Hadits diperoleh hasil angket minat belajar sebesar 57,5% dan kehadiran siswa sebesar 50% yang keduanya termasuk dalam kategori cukup; (3) pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar Alquran Hadits diperoleh: (a) koefisien korelasi minat belajar 0,746 dan kehadiran siswa 0,714 termasuk dalam kategori kuat; (b) uji hipotesis yang diterima dengan hasil uji t_(hitung ) 4,798>t_tabel1,685 untuk minat belajar dan t_(hitung ) 4,165>t_tabel 1,685 untuk kehadiran siswa yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar Alquran Hadits; (c) koefisien determinasi minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar Alquran Hadits sebesar 69,8% yang menunjukkan masih terdapat 30,2% faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Kehadiran Siswa; Hasil Belajar; Alquran Hadits
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 27 Sep 2021 13:56
Last Modified: 27 Sep 2021 13:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43968

Actions (login required)

View Item View Item