Hubungan antara keterampilan bermain kooperatif dengan keterampilan sosial anak usia dini: Penelitian di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur

Alfarisy, Sulfia Nadzira (2021) Hubungan antara keterampilan bermain kooperatif dengan keterampilan sosial anak usia dini: Penelitian di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang muncul di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, yaitu peneliti menemukan kesenjangan antara tingginya keterampilan bermain kooperatif dengan rendahnya keterampilan sosial pada sebagian anak. Di satu sisi, ketika melaksanakan keterampilan bermain kooperatif anak terlihat sangat senang, antusias, aktif, bekerjasama serta semangat. Tetapi, di sisi lain terdapat sebagian anak yang masih mengalami kesulitan dalam bekerjasama, tidak sabar dalam menunggu giliran, serta kurangnya bergaul dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keterampilan Bermain Kooperatif di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, 2) Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, dan 3) Hubungan antara Keterampilan Bermain Kooperatif dengan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa keterampilan sosial anak dipengaruhi oleh macam-macam faktor, salah satunya adalah keterampilan bermain kooperatif. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan suatu hipotesis, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bermain kooperatif dengan keterampilan sosial anak usia dini di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Subjek dalam pelaksanaan penelitian ini adalah anak kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja. Hasil analisis data pada variabel Keterampilan Bermain Kooperatif (Variabel X) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Sedangkan analisis data pada variabel Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Variabel Y) diperoleh nilai rata-rata sebesar 68. Nilai tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Hubungan antara Keterampilan Bermain Kooperatif dengan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini diperoleh angka koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank sebesar 0,69 angka koefisien korelasi ini berada pada kategori tinggi karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh harga t_hitung = 3,83 > t_tabel = 2,12 pada taraf signifikansi 5% dan db = 16 sebesar 2,12. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bermain kooperatif dengan keterampilan sosial anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi atau pengaruh keterampilan bermain kooperatif terhadap keterampilan sosial anak usia dini di Kelompok B RA YANURIS Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur sebesar 48%. Sedangkan sisanya yaitu 52% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bermain Kooperatif; Keterampilan Sosial; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sulfia Nadzira Alfarisy
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:32
Last Modified: 24 Sep 2021 05:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43938

Actions (login required)

View Item View Item