Penanaman karakter dermawan melalui pembiasaan infak dan sedekah di SMP Negeri 1 Cianjur : Penelitian dilakukan pada siswa SMPN 1 Cianjur

Khoerunisa, Nira Siti (2021) Penanaman karakter dermawan melalui pembiasaan infak dan sedekah di SMP Negeri 1 Cianjur : Penelitian dilakukan pada siswa SMPN 1 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Karakter dermawan perlu ditanamkan dalam jiwa siswa karena pada zaman sekarang mereka cenderung sibuk dengan masa remajanya yang lebih mementingkan kesenangan dan kepuasan pribadi daripada mempedulikan keadaan orang-orang sekitar yang kekurangan. Oleh karena itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan didukung oleh orang tua siswa mempunyai peran untuk menanamkan karakter dermawan kepada siswanya melalui pembiasaan infak dan sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Tujuan pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur; 2) Proses pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur; 3) Faktor penunjang dan penghambat pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur; 4) Hasil yang dicapai dari pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti mendeskripsikan suatu fenomena atau suatu keadaan yang sebenarnya dialami oleh subjek. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Cianjur dan Guru mapel PABP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengkaji informasi lebih dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tujuan pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur adalah untuk menjadikan siswa penuh kasih sayang dan memiliki kepedulian terhadap orang lain, bermanfaat untuk banyak orang, menghindari akhlak tercela yaitu kikir atau pelit (bakhil), melatih siswa menjadi pribadi yang amanah dan bisa mengelola uang dengan bijak. 2) Proses pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur dilakukan setiap hari senin-jum’at. Uang infak yang terkumpul dialokasikan untuk pemeliharaan masjid dan pemberian upah kepada petugasnya. Khusus pada hari Jum’at ada program “Jum’at Berbagi” dimana siswa turun ke jalanan membagikan makanan dan minuman kepada orang yang membutuhkan. 3) Faktor yang menunjang pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur yaitu pengetahuan, kesadaran dan pendapatan, faktor penghambatnya yaitu keterlambatan dari pihak sekolah atau siswa sehingga tidak dapat mengisi kotak infak sementara waktu pembelajaran sudah dimulai, tidak semua siswa dan orang tua memiliki kesadaran untuk berinfak dan bersedekah; tidak semua siswa dan orang tua memiliki pendapatan yang cukup untuk digunakan berinfak dan bersedekah; 4) Hasil yang dicapai dari pembiasaan infak dan sedekah agar memiliki karakter dermawan di SMPN 1 Cianjur yaitu menjadikan siswa memiliki jiwa kepedulian; rasa cinta dan kasih terhadap sesama manusia; ikhlas, qanaah dan bersyukur serta amanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: karakter; dermawan; pembiasaan; infak; sedekah
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nira Siti Khoerunisa
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:43
Last Modified: 04 Oct 2021 08:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43936

Actions (login required)

View Item View Item