Konten hadis di media sosial : Studi Content Analysis dalam jejaring sosial pada akun Lughoty.com, @RisalahMuslimID, dan @thesunnah_path

Saefudin, Maulana Wahyu (2021) Konten hadis di media sosial : Studi Content Analysis dalam jejaring sosial pada akun Lughoty.com, @RisalahMuslimID, dan @thesunnah_path. Jurnal Publikasi Ilmu Ushuluddin, 1 (3). ISSN 2774-8340

[img]
Preview
Text
18092021 02.29 Maulana Wahyu Saefudin.pdf

Download (526kB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpiu/articl...

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilatarbelakangi adanya bentuk konten hadis yang tersebar pada akun Lughoty.com, @RisalahMuslimID, dan @thesunnah_path tidak selalu lengkap dalam struktur sebuah hadis dan tidak selalu dinilai shahih. Penelitian ini bertujuan untuk membahas konten hadis di media sosial dalam jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Instagram dengan sampel akun Lughoty.com, @RisalahMuslimID, dan @thesunnah_path. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif melalui studi pustaka yang melakukan analisis terhadap konten hadis di media sosial dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah pemahaman terhadap hadis secara kontekstualisasi pada abad ke-21 dengan kemajuan teknologi di bidang informasi marak dilakukan, dan bentuk konten hadis pada Akun Lughoty.com, @RisalahMuslimID, dan @thesunnah_path tidak selalu memiliki kelengkapan struktur dalam sebuah hadis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konten-konten hadis yang terdapat di media sosial dalam jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Instagram pada akun Lughoty.com, @RisalahMuslimID, dan @thesunnah_path tidak selalu dinilai shahih ataupun hasan begitupula tidak semua hadis yang terdapat pada jejaring sosial memiliki kelengkapan sehingga perlu diteliti kembali hadis yang didapat untuk menemukan kebenaran atas kualitas sebuah hadis. ENGLISH : This research is motivated by the fact that the forms of hadith content that are spread on Lughoty.com, @RisalahMuslimID, and @thesunnah_path accounts are not always complete in the structure of a hadith and are not always considered authentic. This study aims to discuss the content of hadith on social media in social networks Facebook, Twitter, and Instagram with the sample accounts Lughoty.com, @RisalahMuslimID, and @thesunnah_path. This research is a qualitative type through a literature study that analyzes hadith content on social media using content analysis methods. The results and discussion of this study are an understanding of contextualization of hadith in the 21st century with technological advances in the information sector, and the form of hadith content on Lughoty.com, @RisalahMuslimID, and @thesunnah_path accounts does not always have a complete structure in a hadith. This study concludes that the hadith content found on social media in the Facebook, Twitter, and Instagram social networks on the Lughoty.com, @RisalahMuslimID, and @thesunnah_path accounts are not always judged to be authentic or hasan nor are all hadiths found on social networks. have completeness so that it is necessary to re-examine the obtained hadith to find the truth about the quality of a hadith. Keywords: Content analysis, Hadith content, Social media

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Content analysis; Konten hadis; Media sosial
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Dirayah/Ilmu tentang Keotentikan Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kritik terhadap Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Maulana Wahyu Saefudin
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:29
Last Modified: 28 Jan 2022 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43918

Actions (login required)

View Item View Item