Gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Barkah Tanggeung Cianjur

Hasanudin, Hasanudin (2021) Gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Barkah Tanggeung Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
(COVER).pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
(ABSTRAK).pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
(DAFTAR ISI).pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
(BAB I).pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
(BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
(BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB IV)
(BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
(DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Hasanudin, Gaya Kepemimpinan Kharismatik KH. Hasan Sadili dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Barkah Tanggeung Cianjur. Kepemimpinan dalam organisasi memiliki peranan penting sebagai penentu perubahan dalam menjamin kelangsungan organisasi, maju mundurnya organisasi akan ditentukan oleh arahan pemimpin yang mampu mempengaruhi para bawahan untuk mencapai prestasi para bawahan dan tujuan organisasi. Pondok pesantren Al-Barkah dalam pembinaan dan pengelolaan santri dipimpin oleh KH. Hasan Sadili. Hal ini tercermin dari kepemimpinan yang bijaksana dalam menanggapi berbagai persoalan. Penelitian ini berfokus pada. (1) bagaimana proses gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri (2) bagaiaman hasil gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri (3) bagaimana hambatan dan peluang gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri (2) untuk mengetahui hasil gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri (3) untuk mengetahui hambatan dan peluang gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jay Congger yang menjelaskan bagaimana kharisma berkembang yaitu: (1) pemimpin secara kontinyu menilai lingkungan (2) menyampaikan visi dengan cara yang diperlakukan (3) titik berat bekerja berdasarkan komitmen, mengerjakan yang tidak terduga, berani mengambil resiko (4) memberikan pujian dan pengakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan perspektif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini KH. Hasan Sadili dan santri. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, display, tafsir dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren Al-Barkah Tanggeung Cianjur dapat disimpulkan bahwa (1) proses kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili menggunakan proses perencanaan analisis kebutuhan (2) hasil kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili menjadikan motivasi bagi para santri sehingga dapat meningkatkan minat belajar tinggi dan para santri mampu berprestasi. (3) hambatan dan peluang kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili; terdapat tingkat kesadaran rendah sehingga santri sulit berprestasi. Peluang kepemimpinan Kharismatik KH. Hasan Sadili dengan pemberian motivasi langsung oleh guru, pengurus dan orang tua/wali santri dengan adanya dorongan motivasi dapat memperkecil hambatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan; prestasi belajar; pondok pesantren;
Subjects: Applied Psychology > Leadership
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hasanudin Hasanudin
Date Deposited: 22 Sep 2021 08:09
Last Modified: 22 Sep 2021 08:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43906

Actions (login required)

View Item View Item