Pemberdayaan ekonomi bunda yatim melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA): Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung

Larasati, Fidia (2021) Pemberdayaan ekonomi bunda yatim melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA): Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy

Abstract

Kehilangan seorang suami atau ayah karena kematian sangat berdampak pada perekonomian sebuah keluarga. Bagi seorang ibu, berstatus sebagai janda tidak terlepas dari berbagai kesulitan-kesulitan yang diterima terutama dalam permasalahan ekonomi yang dikarenakan kurangnya pengalaman dalam bekerja, kurangnya keterampilan dan keterbatasan tenaga dan fisik. Oleh karena permasalahan tersebut, Yatim Mandiri mengadakan program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) yang memberikan pemberdayaan ekonomi, pembinaan keislaman dan pengasuhan terhadap para janda. Yatim Mandiri memberikan bantuan yang dapat digunakan untuk operasional usaha, modal usaha dan set up. Diharapkan dengan adanya program ini keluarga anak yatim menjadi lebih sejahtera dalam ekonomi dan memiliki kemampuan untuk menjadi mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) melalui pelaksanaan program serta untuk mengetahui hasil pemberdayaan ekonomi bunda yatim melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai pemberdayaan ekonomi yang dikemukakan oleh Mardi Yatmo Hutomo. Teori ini menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi, tidak cukup hanya dengan pemberian modal bergulir, tetapi juga harus ada penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat, penguatan sumberdaya manusianya, penyediaan prasarananya, dan penguatan posisi tawarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, klasifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) adalah program pemberdayaan janda berbasis kelompok kecil dengan memberikan pembinaan keagamaan Islam, pengasuhan dan pemberdayaan ekonomi. Kedua, pelaksanaan program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) melalui beberapa tahap yang dimulai dengan survei wilayah, rekrutmen anggota, kemudian pembinaan, pemberian bantuan modal dan pelaksanaan usaha serta monitoring. Ketiga, hasil pemberdayaan ekonomi bunda yatim program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) tak hanya menjadikan bunda yatim dapat mandiri secara finansial atau ekonomi namun juga secara akhlak dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Pembinaan; Janda; Modal
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fidia Larasati
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:19
Last Modified: 27 Sep 2021 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43889

Actions (login required)

View Item View Item