Aplikasi Pencapaian Indikator Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Text Similarity

Annisa Zahra N, Annisa (2016) Aplikasi Pencapaian Indikator Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Text Similarity. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan cenderung meningkat. Teknologi Informasi dan Komunikasi digunakan oleh guru sebagai media atau alat bantu dalam proses pembelajaran dan mengelola hasil penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan aplikasi pencapaian indikator pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan metode text similarity, dan mengetahui keberhasilan proses kerja aplikasi pencapaian indikator pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan metode text similarity. Metode penelitian menggunakan metode text similarity, dengan sampel dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah 30 lembar jawaban siswa dalam penilaian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan tes tertulis bentuk esai. Lembar jawaban siswa kemudian diolah menggunakan metode text similarity untuk mengetahui pencapaian indikator pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru. Hasil penelitian diperoleh bahwa aplikasi pencapaian indikator pembelajar dengan menggunakan metode cosine similarity telah berjalan dengan baik untuk ujian esai mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan mendapatkan nilai cosine 93,4 % sesuai dengan perhitungan manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ujian Esai, Cosine Similarity, Text Preprocessing, TfIdf
Subjects: Applied Physics
Applied Physics > Communication Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:02
Last Modified: 02 Oct 2017 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item View Item