Pengaruh Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Financing (NPF) Net terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Bank Panin Dubai Syariah periode 2015-2019

Ashiil, Ghinaa Mufiidah (2021) Pengaruh Operational Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Financing (NPF) Net terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Bank Panin Dubai Syariah periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Operating Efficiency Ratio (OER) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE). Artinya, kenaikan OER dan NPF akan menurunkan ROE lalu penurunan OER dan NPF akan menaikkan ROE. Pada tahun 2015 triwulan IV, tahun 2016 triwulan II, tahun 2018 triwulan III, OER mengalami penurunan sedangkan ROE mengalami penurunan pula. Dan tahun 2018 triwulan IV OER mengalami kenaikan sedangkan ROE mengalami kenaikan pula. Pada tahun 2015 triwulan II, tahun 2016 triwulan I dan tahun 2018 triwulan II, NPF mengalami penurunan sedangkan ROE mengalami penurunan pula. Selanjutnya tahun 2017 triwulan I, tahun 2018 triwulan IV, tahun 2019 triwulan I, NPF mengalami kenaikan sedangkan ROE mengalami kenaikan pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Operational Efficiency Ratio terhadap Return On Equity secara parsial, (2) Pengaruh Non Performing Financing terhadap Return On Equity secara parsial, (3) Pengaruh Operational Efficiency Ratio dan Non Performing Financing terhadap Return On Equity secara simultan pada PT Bank Panin Dubai Syariah Periode 2015-2019. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah fakta pada latar belakang dijelaskan bahwa ada permasalahan yang tidak sesuai dengan teori yang sudah dijelaskan. Setelah mempertimbangkan antara teori dan hasil dari penelitian terdahulu, maka dengan demikian diduga ada pengaruh antara Operational Efficiency Ratio dan Non Performing Financing Net terhadap Return On Equity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kepustakaan. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi. Serta analisis uji signifikan yang meliputi uji t dan uji F. Hasil perhitungan dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Operational Efficiency Ratio secara parsial terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Equity dengan hasil thitung ≤ -ttabel = -44,064 < -2,101 maka Ha diterima, (2) Non Performing Financing secara parsial terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Equity dengan hasil thitung ≤ -ttabel = -2,547 < -2,101 maka Ha diterima, (3) Operational Efficiency Ratio dan Non Performing Financing masing-masing berpengaruh negatif dan positif signifikan terhadap Return On Equity dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel = 1540,760 > 3,59 Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Operational Efficiency Ratio (OER); Non Performing Financing (NPF); Return On Equity (ROE)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ghinaa Mufiidah Ashiil
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:32
Last Modified: 28 Sep 2021 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43843

Actions (login required)

View Item View Item