Aplikasi Pengetahuan Umum Negara-Negara di Asia Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android

Ahamd Sufa’at, Ahamd (2016) Aplikasi Pengetahuan Umum Negara-Negara di Asia Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Asia merupakan benua terbesar yang terbentuk dari banyak negara, tiap negara memiliki indentitas masing-masing, hal ini yang disebut salah satu pengetahuan umum yang bermanfaat bagi setiap kalangan baik pelajar maupun masyarakat umum. Berbagai aplikasi bermunculan untuk menjawab pemasalahan tersebut. Akan tetapi dari aplikasi tersebut memiliki kekurangan dalam memberikan informasi, informasi yang disampaikan hanya berupa pengetahuan mendasar dan disajikan dalam bentuk text saja. Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menampilkan informasi yang bersifat virtual namun disajikan pada pandangan dunia nyata, dengan memanfaatkan teknologi augmented reality, maka kekurangan dari aplikasi sebelumnya dapat terjawab karena dengan teknologi ini globe 3D ditampilkan secara virtual. Aplikasi ini berjalan pada platform android, dimana daya smartphone cukup minim sehingga membutuhkan nature features tracking sebagai metode penangkapan gambar yang baik dan cepat. Pembuat bendera sebagai marker membutuhkan metode markerless augmented reality dikarenakan bendera memiliki warna yang tidak hanya hitam dan putih saja. Penggunaan aplikasi ini dengan memindai marker, jika cocok dengan dataset maka objek globe 3D tampil diatas marker dengan pointer mengarah ke lokasi negara, Informasi lebih detail akan muncul ketika pointer ditekan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menjadi media bantu pembelajaran dan memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, NFT, Markerless Augmented Reality,
Subjects: Applied Physics
Applied Physics > Communication Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:39
Last Modified: 02 Oct 2017 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item