Sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube hubungannya dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMPN 30 Bandung

Saputra, Firgiawan Rangga (2021) Sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube hubungannya dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMPN 30 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh informasi yang didapat dalam studi pendahuluan bahwa penggunaan media video di youtube terindikasikan sikap siswa yang positif, semestinya setelah menggunakan media tersebut pemahaman mereka menjadi sangat baik.Namun faktanya pemahahaman mereka pada mata pelajaran PAI relatif kurang. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Realitas sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube di SMPN 30 Bandung; (2) Realitas pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI dikelas VIII SMPN 30 Bandung; dan (3) Hubungan antara sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 30 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI memiliki keterkaitan dengan sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube. Atas dasar hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin positif sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube, maka akan semakin baik pula pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat di simpulkan bahwa: (1) Realitas sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube termasuk kategori positif (skor 3,78), (2) Realitas pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI termasuk kategori tinggi (skor 82,97), dan (3) Realitas hubungan kedua variabel yaitu (a) Koefisien korelasinya termasuk kuat (0,65); (b) Hipotesisnya diterima, karena nilai t_hitung sebesar 14,11 dan t_tabel sebesar 0,2542; dan (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 25%. Hal ini menunjukan bahwa 25% pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube dan masih terdapat 75% faktor lain yang mempengaruhi pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; PAI; Sikap Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firgiawan Rangga Saputra
Date Deposited: 03 Oct 2021 15:00
Last Modified: 05 Oct 2021 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43836

Actions (login required)

View Item View Item