Pengembangan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan Construct 2 pada materi sistem pernapasan

Firdana, Mutiara Fadhila (2021) Pengembangan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan Construct 2 pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan construct 2 pada materi sistem pernapasan, menganalisis kelayakan media, keterbacaan siswa, dan respon siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 3D. Penelitian ini dilakukan dengan uji terbatas pada 20 orang siswa SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk uji validasi pada ahli dari dua orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media, dan satu guru mata pelajaran IPA, serta angket untuk uji keterbacaan dan uji respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kelayakan media yang dikembangakan dikategorikan dalam kategori sangat layak dengan perolehan skor persentase yang didapatkan oleh para ahli sebesar 90%. Uji keterbacaan siswa dikategorikan sangat layak dengan perolehan skor persentase yang didapatkan dari 20 orang siwa sebesar 89%. Uji Respon siswa terhadap game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan construct 2 pada materi sistem pernapasan dikategorikan sangat baik dengan perolehan skor persentase yang didapatkan dari 20 orang siswa sebesar 86%. Kelebihan game edukasi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan construct 2 pada materi sistem pernapasan ini yaitu siswa lebih memahami materi sistem pernapasan, pembelajaran menjadi lebih menarik, dan siswa tidak merasa bosan saat pembelajaran dengan adanya game edukasi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan;Media;Game Edukasi;Ayat-Ayat Al-Qur’an;Construct 2;Sistem Pernapasan
Subjects: Science and Religion
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Physiology > Respirations Physiology
Indoor Games of Skill > Electronic Game
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mutiara Fadhila Firdana
Date Deposited: 26 Sep 2021 01:57
Last Modified: 26 Sep 2021 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43827

Actions (login required)

View Item View Item