Pengembangan media pembelajaran Pocket Book Digital berbasis literasi sains pada materi invertebrata

Janah, Muslikul (2021) Pengembangan media pembelajaran Pocket Book Digital berbasis literasi sains pada materi invertebrata. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian dikarenakan kemajuan teknologi digital yang memerlukan inovasi baru yang dapat mengikuti tren dan memudahkan siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteriktik media yang dikembangkan, menganalisis perbandingan antara media yang digunakan sekolah dan media yang dikembangkan, menganalisis kelayakan media, dan menganalisis respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan tahapan 4-D modifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop). Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara guru biologi, lembar uji validasi media pocket book digital berbasis literasi sains, lembar uji keterbacaan siswa dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteriktik utama dari media ini berupa pocket book digital yang tidak hanya terdapat teks tapi juga terdapat video yang dapat diputar, perbandingan antar media sekolah dan media yang dikembangkan menunjukkan hasil bahwa media yang dikembangkan lebih efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kekuatan dan peluang yang lebih banyak. Media pocket book yang dikembangkan sebesar 86% valid dan layak serta uji keterbacaan 86% sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil angket respon peserta didik terhadap media pocket book digital berbasis literasi sains mendapatkan respon sangat baik dengan persentase 85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital;Invertebrata;Literasi Sains;Media;Pocket Book
Subjects: The Book
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Invertebrates
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Muslikul Janah
Date Deposited: 26 Sep 2021 01:51
Last Modified: 26 Sep 2021 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43824

Actions (login required)

View Item View Item