Pengaruh penerapan metode Drill terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian kelas VII di SMPN 1 Cikarang Timur Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi

Fikriyah, Adila Fadhlatul (2021) Pengaruh penerapan metode Drill terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian kelas VII di SMPN 1 Cikarang Timur Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Ini dilakukan berdasarkan masalah yang terjadi, permasalahan tersebut yaitu pertama peserta didik yang kurang lancar dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, kedua banyak peserta didik yang kurang mampu dalam menulis ayat-ayat suci Al-Quran, ketiga masih banyak peserta didik tidak bisa mengerjakan ujian-ujian pendidikan agama islam jika soalnya mengenai tentang ayat - ayat Al-Qur’an. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (2) Untuk menganalisis kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa SMPN 1 Cikarang Timur pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode drill terhadap kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan teori yang di peroleh penerapan metode drill dapat berpengaruh bagi kemampuan baca tulis al-Qur’an dengan adanya metode tersebut dapat melatih siswa dalam kemampuan baca tulis al-Qur’an nya, maka dari itu jika penerapan metode drill ini semakin baik di gunakan dalam kemampuan baca tulis al-Qur’an maka semakin baik juga hasil yang akan di peroleh, begitupun sebaliknya.Langkah-langkah dalam penelitian ini (1) penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen (2) dengan responden 50 orang, kelas eksperimen 25 orang dan kelas kontrol 25 orang siswa SMPN 1 Cikarang Timur (3) alat pengumpulan data yang di gunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara di urut kan sesuai prioritasnya (4) analisis data dilakukan dengan data kuantitatif. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari penelitian dapat di simpulkan bahwa (1) Realitas penerapan metode drill pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dari hasil angket termasuk ke dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata yang di peroleh adalah 72,12 yang pada persentase 65 – 79 (2) Realitas kemampuan baca tulis al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode drill, dari hasil yang di peroleh sebelum menggunakan metode drill masih dalam kategori rendah di lihat dari hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 51,2 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 46,8 tetapi setelah kelas eksperimen menerapkan metode drill kelas eksperimen meningkat terbukti dari hasil posttest kelas eksperimen sebesar 75,2 sedangkan posttest yang di hasilkan dari kelas kontrol sebesar 65,8 (3) Berdasarkan perolehan N-gain kelas eksperimen yang pembelajaran menggunakan metode drill yaitu 0,50 lebih besar dari skor N-gain yang di peroleh dari kelas kontrol sebesar 0,35 dan dari hasil t hitung kelas eksperimen sebesar 11,32 sedangkan dan nilai dari t tabel 2,06 di karena kan t hitung (11,32) > t tabel (2,06) maka hipotesis alternatif (H₁) di terima, sedangkan pada kelas kontrol t hitung yang di dapatkan yaitu 7,03 dan t tabel 2,06 di karena kan t hitung (7,03) > t tabel (2,06) tetapi hasil yang di dapatkan kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengaruh; metode drill; Kemampuan; PAI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adila Fadhlatul Fikriyah
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:08
Last Modified: 04 Oct 2021 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43805

Actions (login required)

View Item View Item