Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Search Solve Create and Share (SSCS) pada materi sistem indera

Kusmiati, Rita (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Search Solve Create and Share (SSCS) pada materi sistem indera. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy

Abstract

Pada pembelajaran biologi kegiatan praktikum merupakan bagian dari tuntutan kurikulum. Bahan ajar yang dapat digunakan untuk menuntun siswa melakukan kegiatan praktikum adalah LKPD. Lembar kerja merupakan bahan ajar berisi serangkaian proses percobaan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep materi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan dan menganalisis kelayakan lembar kerja berbasis search, solve, create and, share (SSCS). Pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dibatasi menjadi 3-D (define, design dan develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar wawancara, lembar validasi, angket uji keterbacaan, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu dua dosen pendidikan biologi dan satu guru mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukan lembar kerja yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. hasil validasi dosen ahli materi  dan guru mata pelajaran mendapat presentase 93,5%. Validasi dosen ahli media mendapat presentase 94,7% sedangkan guru mata pelajaran pada aspek media mendapat presentase 91,6%. Hasil rata-rata total uji keterbacaan mendapat presentase 86,5% dengan kategori baik, sedangkan hasil respon siswa terhadap LKPD berbasis SSCS mendapat presentase 88,72% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; LKPD; Pengembangan; SSCS; Sistem Indera
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rita Kusmiati
Date Deposited: 26 Sep 2021 01:35
Last Modified: 26 Sep 2021 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43731

Actions (login required)

View Item View Item