Pengaruh nilai jual objek pajak dan sosialisasi perpajakan terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan: Penelitian di Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar

Nurhasanah, Nurhasanah (2021) Pengaruh nilai jual objek pajak dan sosialisasi perpajakan terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan: Penelitian di Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya tingkat kemandirian keuangan daerah karena kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pendapatan Daerah masih rendah. Pendapatan pajak bumi bangunan yang dijadikan andalan sumber pendapatan daerah di Kota Banjar pada tahun 2016 sampai 2020 mengalami penurunan dalam pencapaian target penerimaan PBB yang telah ditetapkan. Ada beberapa faktor penyebab menurunnya pencapaian target realisasi pendapatan pajak, khusus pada Pajak Bumi dan Bangunan, faktor yang mempengaruhi yaitu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) serta sosialisasi perpajakan sebagai sarana dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai jual objek pajak terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan, (3) mengetahui dan menganalisis niali jual objek pajak dan sosialisasi perpajakan terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan di Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Selanjutnya, untuk mengetahui pengaruh variabel (X1) terhadap (Y), variabel (X2) terhadap (Y), dan variabel (X1), (X2) terhadap (Y) dilakukan pengujian hipotesis dengan membandingkan anatara thitung dengan fhitung (uji t dan uji F). Hasil Penelitian adalah (1) nilai jual objek pajak berpengaruh terhadap Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan sebesar 55,5%, diperoleh nilai thitung sebesar 3,700. (2) Sosialisasi Perpajakan berpengaruh terhadap pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan sebesar 76,6%, diperoleh thitung sebesar 9,801 dengan signifikansi 0,000. (3) Nilai jual objek pajak dan sosialsasi perpajakam secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan, diperoleh Fhitung sebesar 156,598 dengan signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,801, koefisien ini menunjukan bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh kombinasi nilai jual objek pajak dan sosialisasi perpajakan terhadap pendapatan pajak bumi dan bangunan adalah sebesar 80,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Jual Objek Pajak; Sosilaisasi Perpajakan; Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Nurhasanah Nurhasanah
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:46
Last Modified: 16 Sep 2021 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43668

Actions (login required)

View Item View Item