Peranan program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : Studi deskriptif di Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung

Zhafira, Muthia Nur (2021) Peranan program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : Studi deskriptif di Kelurahan Babakan Surabaya Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy

Abstract

Melihat kondisi keluarga di wilayah perkotaan yang mengalami masalah kesejahteraan yaitu kemiskinan, membuat mereka mengalami kesulitan untuk mencapai kesejahteraan. Kemudian keluarga miskin yang memiliki komponen ibu hamil, balita, anak-anak usia sekolah, penyandang disabilitas, dan lansia, mendapat bantuan sosial dari Program Keluarga Harapan. Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan, sehingga kesejahteraan keluarga dapat terwujud. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Program Keluarga Harapan di Kelurahan Babakan Surabaya dalam mengorganisir masyarakat, memfasilitasi masyarakat dan hasil dari adanya PKH yang dilihat dari kegiatan-kegiatan PKH sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori peranan menurut Jim Ife (2008) bahwa terdapat peranan yang perlu dilakukan oleh pemberdaya masyarakat yaitu peranan mengorganisir dan peranan memfasilitasi masyarakat. Selain itu juga menggunakan teori kesejahteraan keluarga menurut Edi Suharto (2005) adalah kondisi terpenuhinya berbagai macam kebutuhan hidup, khususnya kebutuhan mendasar. Dan terori pemberdayaan menurut Edi Suharto, bahwa pemberdayaan menunjuk pada kemampuan kelompok lemah dan rentan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehingga mereka terbebas dari kebodohan, kelaparan, dan kesakitan, dapat menggunakan berbagai sumber daya yang memungkinkan merekan untuk meningkatkan penghasilannya serta memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan, dan dapat berpartisipasi pada proses pembangunan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan berperan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kelurahan Babakan Surabaya dengan melaksakan peranannya sebagai pengorganisir dan fasilitator, sehingga memberikan hasil yang baik yaitu meningkatnya kondisi kesejahteraan keluarga di Kelurahan Babakan Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan; Program Keluarga Harapan; Pemberdayaan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muthia Nur Zhafira
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:11
Last Modified: 15 Sep 2021 05:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43541

Actions (login required)

View Item View Item