Desain media pembelajaran pada masa pandemi dengan menggunakan media Whatsapp dan Google Meet pada pembelajaran PAI dan budi pekerti : Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VII di SMPN 2 Cimahi

Sapitri, Anisa (2021) Desain media pembelajaran pada masa pandemi dengan menggunakan media Whatsapp dan Google Meet pada pembelajaran PAI dan budi pekerti : Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VII di SMPN 2 Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merujuk pada penelitian terdahulu di SMPN 2 Cimahi dengan observasi terhadap desain media daring dengan menggunakan media pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti sudah cukup baik. Namun, melihat kenyataannya terdapat banyak kekurangan dan kendala pada proses pelaksanaannya dalam penggunaan media daring yang masih beragam. Hal tersebut menjadi kendala bagi guru untuk dapat memilah media daring mana yang lebih efektif dan efisien, serta mudah digunakan oleh siswa dan tidak membingungkan orangtua pada saat proses pembelajaran daring berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media Whatsapp dan google meet pada siswa kelas VII di SMPN 2 Cimahi, 2) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Whatsapp dan google meet pada siswa kelas VII di SMPN 2 Cimahi, 3) Evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas VII di SMPN 2 Cimahi dengan menggunakan media Whatsapp dan google meet. Pembelajaran jarak jauh akan efektif jika melibatkan interaksi antara pembelajar dengan pengajar, pembelajar dengan pembelajar, pembelajar dengan media (termasuk fasilitas) pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan teknik-teknik khusus dalam mendesain materi pembelajaran, teknik-teknik khusus pembelajaran, metodologi khusus komunikasi melalui berbagaimedia, dan penataan organisasi serta administrasi yang khusus pula. Berkaitan dengan hal ini ada tiga factor yang perlu diperhatiakan dalam desain media pembelajaran yaitu, (1) karakteristik fisik media, (2) tujuan belajar, (3) kemampuan peserta didik dalam penggunaan media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Teknik analissis data dilakukan secara induktif melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, pnyajian/display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media whatsapp dan google meet adalah dengan cara menyiapkan RPP, mempersiapkan media pembelejaran serta menyiapkan langkah dan strategi pelaksanaan pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media whatsapp dan google meet dilakukan secara sistematis mulai dari kegiatan awal, inti dan penutup dengan menggabungkan sistem pembelajaran sinkronus dan asinkronus, 3) evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan media whatsapp dan google meet dilakukan dengan cara mengevaluasi RPP yang digunakan untuk melihat apabila ada kekeliruan dalam pelaksanaannya serta penugasan kepada siswa terhadap materi yang sudah disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajara; whatsaap dan google meet;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisa sapitri
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:40
Last Modified: 15 Sep 2021 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43535

Actions (login required)

View Item View Item