Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam : Penelitian di Majelis Taklim Al-Hidayah Desa Grogol Indah Kecamatan Anyar Kabupaten Serang

Amalia, Pasha (2021) Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam : Penelitian di Majelis Taklim Al-Hidayah Desa Grogol Indah Kecamatan Anyar Kabupaten Serang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam jamaah di Majelis Taklim Al-Hidayah Desa Grogol Indah Kecamatan Anyar Kabupaten Serang. Dengan adanya bimbingan kelompok ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam serta membantu memecahkan permasalahan jamaah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui program, proses dan hasil bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam di Majelis Taklim Al-Hidayah Desa Grogol Indah Kecamatan Anyar Kabupaten Serang. Bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Dalam Islam, bimbingan adalah bagian dari dakwah Islamiah. Pemberian bimbingan atau dakwah Islamiah dapat dilakukan melalui kegiatan majelis taklim karena majelis taklim berperan penting untuk meningkatkan pengetahuan, terutama pengetahuan keagamaan dalam pembentukan jiwa dan kepribadian agamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun langkah-langkah dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah bahwa program bimbingan kelompok di Majelis Taklim Al-Hidayah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam jamaah, program ini diselenggarakan dalam bentuk kelompok besar atau kelas dengan jumlah anggota 25-30 orang dengan jenis kelompok tetap yang pelaksanaannya dilakukan seminggu sekali setiap hari kamis pada jam 09.00-11.30 WIB. Program bimbingan kelompok ini yaitu santunan anak yatim, membaca Al-Quran, peringatan hari besar Islam, dzikiran, kunjungan religi dan membantu orang lain yang terkena musibah. Adapun prosesnya dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap penutupan. Adapun materi yang diberikan oleh pembimbing kepada jamaah yaitu berkaitan dengan ajaran agama Islam. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan diskusi kelompok atau tanya jawab serta menggunakan teknik pemberian informasi. Hasil bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam di Majelis Taklim Al-Hidayah mendapatkan hasil positif dengan adanya perubahan dalam hal pelaksanaan ibadah, akhlak jamaah yang lebih baik serta meningkatnya pemahaman agama Islam jamaah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kualitas pemahaman agama Islam di Majelis Taklim Al-Hidayah diantaranya yaitu tekat yang kuat dalam diri jamaah, usia, ustad pembimbing dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Pemahaman Agama Islam
Subjects: Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Pasha Amalia
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:36
Last Modified: 16 Sep 2021 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43521

Actions (login required)

View Item View Item