Pengaruh peran audit internal dan efektivitas Whistleblowing System terhadap pencegahan Fraud pada Bank BJB Syariah Pusat Kota Bandung

Chandrasari, Dela Ingghita (2021) Pengaruh peran audit internal dan efektivitas Whistleblowing System terhadap pencegahan Fraud pada Bank BJB Syariah Pusat Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Pada abad XX ini bank-bank yang berbasis Syariah mulai dipandang oleh banyak masyarakat sehingga bank Syariah mengalami peningkatan yang signifikan. Lembaga keuangan termasuk bisnis yang kompleks dan cenderung menggunakan audit internal untuk mengatasi kesenjangan maupun permasalahan internal lainnya, dengan maraknya kasus fraud yang terjadi maka hadirlah sebuat sistem pelaporan kecurangan atau yang disebut whistleblowing system yang dapat membantu pihak audit internal untuk menangani permasalahan fraud. Segala bentuk kecurangan pada sebuah perusahaan dapat diakses melalui laporan tahunan Good Corporate Governance (GCG) pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh peran audit internal dan efektivitas whistleblowing system terhadap pencegahan fraud pada Bank BJB Syariah Pusat Kota Bandung dengan operasionalisasi variabel yang digunakan untuk variabel bebas adalah peran audit internal dan efektivitas whistleblowing system sedangkan variabel terikat yaitu pencegahan fraud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan ini adalah pegawai yang termasuk kedalam divisi yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Slovin. Analisis data disini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan peran audit internal berpengaruh positif dengan hasil regresi linier sebesar 0,919 dan efektivitas Whistleblowing system berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud dengan nilai regresi sebesar 1,082.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan fraud; peran audit internal; Efektivitas whistleblowing system
Subjects: Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Dela Ingghita Chandrasari
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:54
Last Modified: 15 Sep 2021 02:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43513

Actions (login required)

View Item View Item