Penggunaan metafora dalam pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis: Penelitan kuasi eksperimen di Kelas XI MA Wasilatul Huda

Mutiara, Dayyana Mufti (2021) Penggunaan metafora dalam pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis: Penelitan kuasi eksperimen di Kelas XI MA Wasilatul Huda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan metafora, (b) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metafora dengan pembelajaran konvensional, dan (c) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metafora. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi barisan dan deret dengan desain penelitian yaitu The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil dari penelitian ini yaitu (a) keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metafora selalu meningkat pada setiap pertemuannya, (b) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajaranya menggunakan metafora dengan siswa yang pembelajarannya konvensional, dan (c) secara keseluruhan siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metafora

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metafora; Pemecahan Masalah Matematis; Barisan; Deret
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dayyana Mufti Mutiara
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:31
Last Modified: 15 Sep 2021 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43473

Actions (login required)

View Item View Item