Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan Metaphorical Thinking: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 4 Cibitung

Nurkamila, Nurkamila (2021) Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan Metaphorical Thinking: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 4 Cibitung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa perlu untuk ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis diperlukannya suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan metaphorical thinking. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes soal kemampuan penalaran matematis dan angket skala sikap. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh: (a) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking memiliki kriteria sedang dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki kriteria rendah; (b) berdasarkan uji t’- independent diperoleh perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis; metaphorical thinking
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurkamila Nurkamila
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:06
Last Modified: 15 Sep 2021 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43467

Actions (login required)

View Item View Item