Penggunaan E-Assessment dalam meningkatkan integritas dan motivasi belajar PAI : Penilaian terhadap aplikasi Wondershare Quiz Creator di tiga SMA Rujukan Nasional Kabupaten Sukabumi

Herwan, Herwan (2021) Penggunaan E-Assessment dalam meningkatkan integritas dan motivasi belajar PAI : Penilaian terhadap aplikasi Wondershare Quiz Creator di tiga SMA Rujukan Nasional Kabupaten Sukabumi. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan bentuk penilaian yang digunakan sesuai tujuan yang ingin dicapai. Sehingga peran guru dalam merencanakan, mengelola, dan melaksanakan kegiatan penilaian secara baik harus menjadi prioritas agar informasi yang dihasilkan dapat meningkatkan integritas dan mencerminkan motivasi belajar peserta didik yang valid dan akurat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi; 1) Penilaian wondershare quiz creator, 2) Integritas peserta didik. 3) Motivasi belajar peserta didik. 4) Pengaruh penilaian wondershare quiz creator terhadap integritas peserta didik. 5) Pengaruh penilaian wondershare quiz creator terhadap motivasi belajar peserta didik. 6) Penilaian wondershare quiz creator secara kuantitatif dan kualitatif. 7) Integritas peserta didik secara kuantitatif dan kualitatif, dan 8) Motivasi belajar peserta didik secara kuantitatif dan kualitatif pada mata pelajaran PAI di tiga SMA Rujukan Nasional Kabupaten Sukabumi. Penilaian pembelajaran dibutuhkan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran serta mengetahui informasi yang tepat untuk perbaikan proses pembelajaran. Selain itu, asesmen dapat memberikan peserta didik informasi tentang kemajuan belajarnya sehingga dapat memperbaiki perilaku belajar. Mengingat pentingnya instrumen penilaian, maka seorang guru sebagai pengajar dituntut untuk dapat mengembangkan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan peserta didik dan diharapkan dapat menentukan tingkat integritas peserta didik dan motivasi belajarnya, proses peningkatan dapat dilakukan salah satunya dengan cara pemberian tes secara online dengan menggunakan aplikasi penilaian wondershare quiz creator kepada peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Mixed Methods Research, yakni penelitian yang mengkombinasikan antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan model sequential explanatory (urutan pembuktian). Pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penilaian wondershare quiz creator memperoleh kualifikasi baik. 2) Integritas peserta didik memperoleh kualifikasi baik. 3) Motivasi belajar peserta didik memperoleh kualifikasi tinggi. 4) Pengaruh penilaian wondershare quiz creator terhadap integritas peserta didik adalah positif dan signifikan. 5) Pengaruh penilaian wondershare quiz creator terhadap motivasi belajar peserta didik adalah positif dan signifikan. 6) Penilaian wondershare quiz creator secara kuantitatif tidak berbeda dengan penelitian secara kualitatif. 7) Integritas peserta didik secara kuantitatif tidak berbeda dengan penelitian secara kualitatif, dan 8) Motivasi belajar peserta didik secara kuantitatif tidak berbeda dengan penelitian secara kualitatif pada mata pelajaran PAI di tiga SMA Rujukan Nasional Kabupaten Sukabumi.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: E-Assessment;Integritas; Motivasi Belajar PAI; Aplikasi Wondershare Quiz Creator;
Subjects: Education
Curricula
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Herwan Herwan
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:23
Last Modified: 14 Sep 2021 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43424

Actions (login required)

View Item View Item