Dakwah dalam Munara Cahya : Analisis isi pesan dakwah bentuk dakwah kitabah melalui rubrik Munara Cahya dalam majalah Manglé

Maulinawati, Nurzana (2021) Dakwah dalam Munara Cahya : Analisis isi pesan dakwah bentuk dakwah kitabah melalui rubrik Munara Cahya dalam majalah Manglé. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Sejarah membuktikan bahwa Islam sangat mendukung pergerakan dakwah melalui media tulis-menulis. Nabi dan Rasul menyampaikan dakwah melalui surat yang ditulis kepada raja-raja pada jaman dahulu. Dakwah bil kitabah atau dakwah melalui tulisan memiliki kesempatan untuk dibaca serta dikaji oleh lebih banyak audience. Ratusan, ribuan, hingga jutaan orang dapat membaca sebuah karya tulis dalam waktu yang bersamaan. Majalah Manglé mengimplementasikan dakwah dalam bentuk kitabah melalui artikel keagamaan yang dimuat pada Rubrik Munara Cahya dengan tema atau materi dakwah yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah yang dimuat dalam artikel rubrik “Munara Cahya” Majalah Manglé tahun 2020-2021 edisi 2801-2826, beserta kategorisasi pesan dakwah dan klasifikasi rubrik Munara Cahya pada majalah Manglé. Teori yang digunakan ialah teori Lasswell mengenai analisis isi semantik guna mengklasifikasikan tanda menurut maknanya dengan analisis penyifatan yang menggambarkan frekuensi seberapa sering karakterisasi dirujuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi dengan teknik probability sampling guna mengelompokkan karakteristik-karakteristik wacana ke dalam kategori, menentukan frekuensi masuknya karakteristik-karakteristik yang berhubungan dengan masalah yang diteliti ke dalam kategori, dan melakukan uji statistik untuk menentukan besarnya perbedaan atau hubungan antara data frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah yang dimuat dalam artikel rubrik Munara Cahya mayoritas merupakan pesan dakwah aqidah dengan jumlah 12 artikel, pesan dakwah akhlak berjumlah 10 artikel, dan pesan dakwah syariah berjumlah 4 artikel. Kategorisasi pesan dakwah dalam artikel rubrik Munara Cahya menurut kategori substansi adalah aqidah dengan persentase 46,1%, akhlak dengan persentase 38,5% dan terakhir syariah dengan persentase 15,4%. Sedangkan menurut kategori bentuk adalah informatif dengan persentase 46,1%, persuasif dengan persentase 15,4%, instruktif dengan persentase 38,5% dan Koersif dengen persentase 0%. Berdasarkan pengklasifikasian rubrik menurut Soesilo Windradini (1989:127), rubrik Munara Cahya memiliki kecenderungan pada jenis rubrik pengetahuan, dengan sumber informasi yang berasal dari kutipan ayat Al-Qur’an dengan persentase 46,15%, kutipan hadits dengan persentase 15,4%, pendapat ulama dengan persentase 15,4%, kisah dan pengalaman teladan dengan persentase 19,2%, berita dan peristiwa dengan persentase 3,85%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Pesan Dakwah; Majalah Manglé; Rubrik Munara Cahya
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurzana Maulinawati
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:40
Last Modified: 17 Sep 2021 04:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43418

Actions (login required)

View Item View Item